Future Leaders Ajak “Bawean Membaca”

4G-LTE-Xl

4G-LTE-Xl

Mataram (Global FM Lombok)-Mahasiswa peserta program XL Future Leader dituntut mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkannya di masyarakat sekelilingnya, bukan sekadar wacana. Konsistensi ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan sosial yang dilakukan secara mandiri oleh para peserta dari XL Future Leaders tersebut. Salah satunya adalah kegiatan “Bawean Membaca”, yakni kegiatan donasi buku dan fasilitas taman Baca untuk Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu dan Minggu (24-25/10) lalu.

Vice President XL East Region – Desy Sari Dewi mengatakan,”Kegiatan ini mereka rancang sendiri, termasuk juga menjalin hubungan dengan masyarakat penerima manfaat, mencari dan dukungan dari pihak lain. Melalui proyek-proyek itu mareka bisa menerapkan lmu dan pengetahuan yang telah didapatkan dari program Future Leader.”

Kegiatan “Bawean Membaca” diinisiasi oleh XL Future Leaders Surabaya Batch 3. Mereka yang terlibat antara lain ialah Jatrifa Jiwa Gandhi, Yudha Anugerah, Ilham Adi, Roikhanatun Nafi’ah, Rarahayu Candraditya, Yulia Nur Fajrina, dan Agmelia Nurul Afifah di bawah koordinasi Erlia Putri Imansari.

Untuk mendukung kegiatan “Bawean Membaca”, XL Future Leaders Surabaya berhasil menggalang lebih dari 700 buku dari seluruh Indonesia untuk didonasikan ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pada kegiatan ini, mereka bekerja sama dengan Dhurung Elmo, sebuah komunitas yang memfasilitasi masyarakat Pulau Bawean dengan bahan bacaan. “Dhurung itu tempat seperti saung yang sering digunakan masyarakat untuk duduk-duduk, berinteraksi dengan sesama warga, dan bahkan menghapus sial katanya.” jelas Rahman, salah satu pengurus Dhurung Elmo. Saat ini fungsi ‘dhurung’ di Pulau Bawean ditambah dengan fungsi sebagai sarana untuk belajar dan mencari informasi secara mandiri, baik yang berhubungan langsung dengan pendidikan maupun hal-hal umum di luar pendidikan.

Mereka berlayar ke Pulau Bawean membawa buku-buku, rak, permainan interaktif, dan beberapa perlengkapan untuk mengisi taman baca di Pulau Bawean. Melewati ombak setinggi 2.5 meter dan penyeberangan yang memakan waktu cukup lama, sekitar 4 sampai 5 jam tetapi tidak menyurutkan niat baik dan semangat mereka untuk berbagi, Sabtu (24/10).

Buku-buku dan fasilitas taman baca yang mereka bawa, selain untuk menambah wawasan masyarakat di sana, juga untuk meningkatkan minat baca dengan membuat taman baca yang bagus dan nyaman. Bersama komunitas Dhurung Elmo, buku-buku ini kemudian tidak hanya diberikan ke 1 Desa saja namun akan didistribusikan ke 12 Desa yang tersebar di seluruh Pulau Bawean.

Tak hanya itu, peserta XL Future Leaders kelas Surabaya juga mengadakan sesi sharing dan permainan interaktif bersama adik-adik MTs & MIN yang dipandu oleh Nafi, Agmel, dan Rarahayu. Sesi ini bertujuan untuk memotivasi siswa MTs & MIN untuk lebih berani mengutarakan pendapat dan berani bercita-cita. Para siswa MTs & MIN sangat antusias dengan permainan interaktif ini. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan buku secara simbolis dari ketua pelaksana kegiatan, Erlia, kepada pengurus Dhurung Elmo, Rahman.

Kegiatan mereka mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat dan para pemuka warga.

“Selalu menjaga silaturahmi antara XL Future Leaders, Dhurung Elmo, dan juga masyarakat Pulau Bawean. Jangan sampai ini menjadi pertama dan terakhir kalinya.”, kata Kepala Desa Gunung Teguh – Bapak Haris saat memberikan sambutan di awal acara. Peserta XL Future Leaders pun berharap suatu saat nanti dapat kembali lagi ke Pulau Bawean untuk memberi manfaat yang lebih besar.

Program XL Future Leaders sudah memasuki tahun ke-4, dengan peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi terkemuka di seluruh Indonesia. XL Future Leader menekankan pada pengembangan pendidikan soft skill mengenai kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif dan jiwa kewirausahaan serta inovasi.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply