Permintaan Tinggi, Kebutuhan Tanaman Hias di NTB Belum Mampu Dipenuhi

Daerah Sembalun dari atas bukit

Daerah Sembalun dari atas bukit

Mataram (Global FM Lombok)-Tingginya permintaan terhadap tanaman hias di daerah ini belum mampu terpenuhi. Akibatnya banyak tanaman hias yang dikirim dari luar daerah. Karenanya, ke depan Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur tidak hanya sebagai sentra buah-buahan namun juga direncanakan sebagai sentra tanaman hias.

Hal itu dikatakan gubernur NTB TGH.Muhamad Zainul Majdi kepada Global FM Lombok, di Mataram Sabtu (10/10). Ia mengatakan, Desa Sembalun memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa. Rencana dijadikannya Sembalun sebagai sentra tanaman hias, juga akan memberi peluang ekonomi bagi masyarakat pembudidaya tanaman hias.

“Insya Allah kedepan, kita akan menjadikan Sembalun sebagai sentra untuk bunga karena kebutuhan bunga hias di NTB sangat tinggi. Tetapi sampai saat ini tidak bisa penuhi di daerah. Jadi kita ingin membuka satu ruang baru bagi para pembudidaya holtikultura kita supaya bisa mendapatkan pemenfaatan ekonomi dengan mengembangkan bunga hias”, katanya.

Gubernur mengatakan, tanaman hias ini termasuk ke dalam salah satu tanaman holtikultura yang harus dikembangkan oleh Pemprov NTB. Hal itu mengingat dari sejumlah komponen Nilai Tukar Petani (NTP) seperti pangan dan lainnya, tanaman holtikultura ini masih sangat rendah. Padahal NTP provinsi NTB sudah mencapai 104,8 persen. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply