Mataram Tuan Rumah Festival Pekan Holtikultura, Janjikan Dampak Berganda Bagi Ekonomi

RTH Pagutan, lokasi Festival Pekan Holtikultura Nasional

RTH Pagutan, lokasi Festival Pekan Holtikultura Nasional

Mataram (Global FM Lombok)- Kota Mataram menjadi tuan rumah agenda nasional Festival Pekan Holtikultura yang mulai digelar tanggal 10 – 14 Oktober dengan mengambil tempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan. Festival yang menghadirkan lebih dari dua ribu peserta dari luar daerah ini menjanjikan efek berganda bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi NTB Husnul Fauzi Kamis (8/10) mengatakan, ribuan tamu yang memadati areal RTH Pagutan itu akan mendatangkan transaksi keuangan yang cukup besar. Tidak hanya transaksi terkait komoditas holtikultura, namun transaksi terhadap PKL dan lapak-lapak yang ditempati masyarakat.

“Effect berganda itu pertama kedatangan tamu akan membawa berkah, membawa uang. Tentu manfaatnya bagi masyarakat pedagang, bagi masyarakat luas. Kemudian kelanjutan dari festival ini akan menjadi pemikiran bersama” kata Husnul Fauzi.

Husnul Fauzi mengatakan, festival Holtikultura tersebut akan diisi dengan pengriman bawang hasil petani Bima ke Singapura. Jumlah bawang yang akan dikirim antara 12 – 25 ribu ton dari total produksi bawang di NTB yang mencapai 175 ribu ton. Menurutnya bawang asal NTB memiliki kualitas ekspor sehingga diminati pembeli mancanegara.

Bawang khas NTB yang dikirim dan dipamerkan di pekan Holtikultura tersebut yaitu bawang “Ketamonca” dan bawang super Philip. Ini adalah varietas bawang yang tidak dibantu dengan bahan kimiawi, namun tumbuh alami dilahan yang subur.(ris)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply