Pemilih Tunanetra di Mataram Akan Dibuatkan Surat Suara Huruf Braille

surat suara huruf braille

surat suara huruf braille

Mataram (Global FM Lombok)-Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data pemilih (PPDP) di Kota Mataram sebanyak 512 orang pemilih dari kalangan difabel atau orang dengan kebutuhan khusus. Nantinya KPU Kota Mataram akan membuat surat suara dengan huruf braille atau huruf timbul untuk pemilih yang tuna netra.

Demikian disampaikan komisioner KPU Kota Mataram Bedi Saparwadi kepada Global FM Lombok Senin (09/28) di kantor KPU Kota Mataram. Ia merincikan, jumlah pemilih yang Tuna Daksa yaitu sebanyak 107 orang, Tuna Netra sebanyak 61 orang, Tuna Rungu atau wicara sebanyak 86 orang, Tuna Grahita sebanyak 164 orang, dan difabel lainnya sebanyak 96 orang.

“Nah yang kita akan fasilitasi disabilitas kalau yang tunanetra itu dalam bentuk template surat suara yang menggunakan huruf braille. Kemudian disabilitas tunagrahita atau cacat fisik dan sejenisnya itu kita fasilitasi dengan mendesain TPS. Kita mengakomodir masyaraat kita yang misalnya tidak bisa berjalan” kata Bedi Senin (28/09)

Dia mengatakan, KPU Kota Mataram tidak akan membuat TPS khusus untuk pemilih difabel karena 512 orang tersebut tersebar diseluruh kecamatan di Kota Mataram. Namun, KPU Kota Mataram sudah memetakan TPS yang memiliki pemilih difabel. Jumlah surat suara yang akan menggunakan huruf braille yaitu sebanyak 100 lembar.

KPU Kota Mataram akan membuat TPS dibeberapa tempat khusus seperti panti jompo sebanyak 1 unit, Lembaga Pemasyarakatan sebanyak dua unit dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yaitu sebanyak satu unit.(azm/ris )-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply