KPU Kota Mataram Sudah Tetapkan Batas Dana Kampanye

Pemilu ( ilustrasi)

Pemilu ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU kota Mataram, mulai tanggal 18 September kemarin sudah dimulai pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon walikota dan wakil walikota Mataram. KPU Kota Mataram sudah menetapkan batasan jumlah dana kampanye bagi kedua pasangan calon yaitu sebesar Rp 2,6 miliar. Jika, pasangan calon menggunakan dana kampanye melebih batas yang sudah ditentukan, maka KPU Kota Mataram akan membatalkan pasangan calon tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Mataram Faizah kepada Global FM Lombok di ruangnya. Ia merincikan, dana kampanye sebesar Rp 2,6 miliar tersebut meliputi pendanaan untuk rapat umum sebanyak satu kali, pertemuan dengan peserta maksimal sebanyak lima ribu orang dengan nilai konsumsi sebanyak Rp 35 ribu per orang. Selain itu, pertemuan terbatas dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang sebanyak enam kali, pertemuan dengan jumlah anggaran sebesar Rp 100 juta lebih.

Pertemuan tatap muka dengan jumlah peserta maksimal sebanyak 100 orang sebanyak 12 kali pertemuan dengan anggaran sebesar Rp 42 juta. Alat peraga kampanye yang boleh dibuat oleh kedua pasangan calon walikota dan wakil walikota Mataram yaitu sebanyak 30 persen dari jumlah pemilih.

Sementara kampanye yang akan diselenggarakan oleh KPU Kota Mataram yaitu seperti pembuatan baliho, banner, spanduk, stiker dan beberapa alat peraga kampanye lainnya. Faizah menyebutkan, selebaran pasangan calon walikota dan wakil walikota Mataram yaitu sebanyak 132 ribu lembar baik untuk selebaran, brosur maupun pamphlet. Alat peraga kampanye seperti umbul-umbul yaitu sebanyak 10 unit perkecamatan, baliho sebanyak empat unit dan spanduk satu unit dimasing-masing kelurahan.

Ketua KPU Kota Mataram H. Ainul Asikin mengatakan, pihaknya akan tetap mengawasi penggunaan dana kampanye oleh masing-masing pasangan calon melalui rekening khusus dana kampanye yang dimiliki.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply