Harga Hewan Kurban Dipengaruhi Kondisi Perekonomian

Tim kesehatan sedang mengecek kesehatan hewan kurban

Tim kesehatan sedang mengecek kesehatan hewan kurban

Mataram (Global FM Lombok)-Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H. Mutawalli, harga hewan kurban tahun ini melonjak naik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan harga hewan kurban saat ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi secara nasional yang berdampak pada melonjaknya harga hewan kurban.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H. Mutawalli kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia memperkirakan, dengan kondisi perekonomian ini jumlah hewan kurban yang akan dipotong berkurang. Berdasarkan data tahun 2014 lalu, jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 3.800 ekor dengan rincian 700 ekor sapi dan 3.100 kambing di ratusan tempat pemotongan yang dilakukan oleh masyarakat.

Ia menyebutkan, saat ini harga kambing yaitu mencapai Rp 4 juta per ekor dan sapi mencapai Rp 17 juta per ekor. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga kambing yaitu antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per ekor. Sementara untuk sapi yaitu antara Rp 7 juta sampai Rp 11 juta per ekor.

Mutawalli mengatakan, kenaikan harga hewan kurban karena mengikuti kenaikan harga kebutuhan yang lain dan bukan dipicu oleh persediaan hewan kurban. Karena berdasarkan laporan yang diterima sampai saat ini persediaan hewan kurban masih banyak.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply