Jaga Kesehatan Hewan Kurban, Tim Kesehatan Pemkot Mataram Lakukan Pemeriksaan

Tim kesehatan sedang mengecek kesehatan hewan kurban

Tim kesehatan sedang mengecek kesehatan hewan kurban

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Pertanian Keluatan dan Perikanan Kota Mataram melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban disejumlah titik penjualan hewan kurban Rabu (09/16) pagi. Pemeriksaan yang dilakukan agar hewan kurban yang dijual tetap sehat dan sesuai dengan syarat hewan kurban yang sudah ditentukan oleh agama.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H. Mutawalli kepada Global FM Lombok Rabu (09/16) di Mataram. Ia mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi umur dan fisik seperti ekor, gigi, kulit, mata, telinga dan beberapa bagian lainnya. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di dua lapak penjualan hewan kurban, belum ditemukan hewan kurban yang sakit. Jika dibandingkan dengan pemeriksaan tahun lalu, pada saat pemeriksaan yang dilakukan ditemukan sejumlah hewan kurban dibeberapa lapak menderita penyakit mata dan beberapa penyakit lainnya.

Pemeriksaan yang dilakukan menyebar di masing-masing kecamatan. Karena Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram sudah membentuk tim kesehatan hewan kurban. Saat ini, berdasarkan pendataan yang sudah dilakukan, jmlah lapak penjualan hewan kurban di Kota Mataram sekitar 70 titik. Pemeriksaan yang akan dilakukan sampai H+2 hari raya kurban. Karena pada saat pemotongan, pemeriksan yang akan dilakukan yaitu dengan memeriksa hati, limpa dan beberapa bagian lainnya. Karena dengan memeriksa sejumlah organ dalam hewan tersebut bisa diketahui hewan tersebut sehat atau tidak.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply