Tangani Sampah di Sungai, PU Kota Mataram Akan Pasang Jaring

sampah di sungai ( ilustrasi)

sampah di sungai ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Untuk mengurangi volume sampah di sungai, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram berencana memasang jaring disetiap jembatan yang ada di Kota Mataram. Berdasarkan data yang dimiliki, satu sungai yang melintasi Kota Mataram setidaknya memiliki sembilan jembatan. Sehingga Dinas PU akan memasang jaring dilokasi yang strategis.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram Mahmuddin Tura kepada Global FM Lombok Jum’at (09/11) di Ma      taram. Ia mengatakan, saat ini jaring yang sudah dipasang hanya ada di jembatan Ampenan. Dalam sehari sampah yang terjaring yaitu sebanyak tiga dump truk. Sehingga keberadaan jaring di jembatan dinilai cukup efektif untuk mengurangi volume sampah di sungai.

Pemasangan jaring di setiap jembatan ini akan direalisasikan pada tahun 2016 mendatang. Karena pemangsangan ini harus disertai dengan pengadaan kendaraan yang akan langsung mengakut sampah yang dihasilkan. Saat ini jumlah kendaraan yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram untuk mengangkut sampah sedimen sungai yaitu sebanyak tiga unit saja. Dinilai, jumlah ini tidak mampu untuk mengangkut semua sampah yang dihasilkan disetiap jaring.

Mahmuddin menyebutkan, anggaran yang akan digunakan untuk pemasangan sampah ini bersumber dari APBD Kota Mataram dan Badan Wilayah Sungai (BWS). Pemasangan jaring sampah ini dinilai tidak terlalu mahal namun saat ini belum ada anggaran untuk pengadaannya.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply