NTB Melunak Soal Rencana Pembangunan Smelter Newmont di Gresik

Salah satu mesin pengolah batuan menjadi konsentrat di PT NNT Kabupaten Sumbawa Barat

Salah satu mesin pengolah batuan menjadi konsentrat di PT NNT Kabupaten Sumbawa Barat

Mataram (Global FM Lombok)-Gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi akhirnya merelakan pembangunan pabrik pemurnian mineral atau smelter oleh PT Newmont Nusa Tenggara ( NNT) dilakukan di Gresik Jawa Timur. Sebelumnya, gubernur bersama para wakil rakyat di DPR RI menolak keras pembangunan smelter selain di daerah NTB selaku daerah lokasi tambang Newmont. Keputusan ini diambil karena sikap ke hati-hatian pemprov NTB dalam menjaga ekosistem lingkungan daerah ini.
Hal itu dikatakan gubernur NTB M.Zainul Majdi kepada Global FM Lombok, di pendopo gubernur Jumat (04/09) siang. Ia mengatakan, pembangunan smelter tersebut idealnya dilakukan di daerah NTB. Akan tetapi, pembangunan smelter itu juga memerlukan industri besar seperti petro kimia yang memiliki kaitan dengan keberadaan smelter itu. Industri kimia akan mengolah bagian-bagian hasil tambang yang tentunya akan menghasilkan limbah yang cukup besar.

“Untuk smelter, yang paling ideal itu kita harapkan di NTB. Kenapa smelter itu di Gresik, karena di Gresik itukan ada petro kimia yang juga merupakan kaitan dengan smelter itu. Jadi ada turunan dari olahan itu yang juga yang memerlukan proses produksi. Nah kalau dibangun di NTB tanpa memperhatikan kondisi lingkungan itu juga riskan buat kita, yang penting di Indonesia itu yang paling utama”, katanya.
Ia membantah jika dikatakan pemprov NTB tidak siap atas pembangunan smelter tersebut. Hal itu karena pemilihan lokasi pembangunan smelter itu harus dilakuan dengan sangat hati-hati. Hal itu karena NTB tidak sama dengan pulau besar lainnya seperti Jawa, Kalimantan, Papua dan Sulawesi.
Provinsi NTB, menurut Gubernur memiliki pulau-pulau kecil yang harus dijaga kualitas lingkungannya. Jangan sampai keberadaan sebuah industri yang dibangun berpotensi untuk menghasilkan limbah yang besar dan akan sulit di kelola. “Kita kan perlu menjaga agar NTB ini, gugusan pulau-pulau kecil ini bisa tetap asri dan bagus kualitas lingkungannya”, katanya. (irs/ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply