Pemprov NTB, DPRD, DPR dan DPD RI Sepakat Gedor ITDC

Rakor Pemda dengan DPR, DPRD, dan DPD dapil NTB terkait pembangunan NTB

Rakor Pemda dengan DPR, DPRD, dan DPD dapil NTB terkait pembangunan NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah provinsi (Pemprov) NTB bersama anggota DPRD, DPR dan DPD RI dapil NTB sepakat akan menggedor PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah. Para wakil rakyat NTB tersebut akan membangunkan ITDC dari tidur panjangnya agar segera merealisasikan pembangunan KEK Mandalika.

Kesepakatan tersebut lahir dari rapat koordinasi percepatan pembangunan KEK Mandalika yang digelar oleh para wakil rakyat tersebut di kantor gubernur NTB, Rabu (02/09) siang. Rapat itu dipimpin oleh wakil gubernur NTB H. Muhamad Amin, anggota DPR RI Rachmat Hidayat dan wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad. Dalam kesmpatan itu, Amin mengatakan bahwa pemerintah akan terus menekan ITDC untuk merealisasikan pembangunan KEK Mandalika. Jika dalam jangka waktu hingga tahun 2017, ITDC tidak kunjung melakukan pembangunan, pemprov NTB bersama DPD dan DPRI RI akan mengambil alih Hak Guna Lahan (HPL) KEK Mandalika seluas 1.130 hektar.

Selain itu, persoalan anggaran anggaran sebesar Rp 1,8 triliyun yang dijanjikan presiden Jokowi juga tidak luput dari perhatian para wakil rakyat. Mereka memperkirakan anggaran tersebut tidak masuk ke dalam investasi BUMN tahun 2016. Oleh karenanya, mereka akan berupaya agar investasi Negara tersebut dianggarkan pada tahun 2016/2017.Mereka juga akan mendesak Kementerian BUMN untuk melibatkan perusahaan-perusahaan di bawahnya untuk turut mengembangkan KEK Mandalika secara keroyokan. Bahkan, menteri BUMN Rini Soemarno akan diminta untuk mengangkat komisaris PT ITDC dari putra daerah. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply