Bangun Masyarakat Dari Desa, Dana Desa Terus Bertambah

Wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad dalam acara Rapat Koordinasi Singkronisasi Aspirasi Daerah Dalam Rangka Koordinasi Anggota DPD dengan Pemangku Kepentingan di provinsi NTB yang digelar di Mataram Rabu ( 2/9)

Wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad dalam acara Rapat Koordinasi Singkronisasi Aspirasi Daerah Dalam Rangka Koordinasi Anggota DPD dengan Pemangku Kepentingan di provinsi NTB yang digelar di Mataram Rabu ( 2/9)

Mataram ( Global FM Lombok)- Dana transfer dari APBN ke provinsi NTB terus bertambah setiap tahun. Dana yang mengalir ke daerah ini bertambah karena provinsi NTB masuk dalam provinsi kepulauan yang menjadi perhatian khusus pemerintah. Pundi dana transfer juga bertambah karena dana desa mengalami penambahan yang cukup signifikan.

Hal itu disampaikan wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad dalam acara Rapat Koordinasi Singkronisasi Aspirasi Daerah Dalam Rangka Koordinasi Anggota DPD dengan Pemangku Kepentingan di provinsi NTB yang digelar di Mataram Rabu ( 2/9) siang. Farouk Muhammad mengatakan, dana yang diterima oleh setiap desa tahun ini sekitar Rp 250 juta. Namun tahun depan, dana desa yang berasal dari pusat sekitar Rp 600 juta per desa.

“Insya Allah tahun depan akan bisa naik lagi selaian peningkatan dana desa. Dana desa tahun ini sebesar 21 triliun, Insya Allah tahun depan bertambah menjadi 47 triliun, Tiap desa sekarang minimal dana desa sebesar 250 juta, tahun depan akan mencapai dari pusat saja Rp 600 juta. Tahun 2007 dari pusat saja bisa mencapai 1 miliar” kata Farouk.

Farouk Muhammad mengatakan, ada tiga sumber baru bagi provinsi berciri kepulauan seperti halnya NTB yaitu Dana Alokasi Uumum yang diperluas dengan menghitung wilayah laut, Dana Alokasi Khusus khusus daerah kepulauan serta dana percepatan pembangunan. Legislator asal NTB ini mengatakan, mulai tahun depan provinsi NTB mendapat tambahan dana transfer sebanyak 15 persen, sementara belanja pusat naik 1,49 persen.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply