NTB, Provinsi Belum Ramah Anak

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi

Mataram (Global FM Lombok)-Gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi mengakui bahwa hingga saat ini provinsi NTB belum ramah terhadap anak. Ia mengatakan, jika diukur dari keberadaan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) serta kebijakan-kebijakan pemerintah yang terkait dengan ramah anak, menurutnya provinsi NTB masih sangat kurang.

Demikian dikatakan gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi kepada Global FM Lombok,usai peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015 di Mataram Selasa (01/09) pagi. Meski demikian, ia mengaku bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB telah menginisiasi sejumlah regulasi untuk mendukung agar provinsi NTB menjadi daerah ramah anak. Misalnya adanya program perhatian ibu hamil dan menyusui, surat edaran terkait dengan anak yang bermasalah dengan hukum serta suret edaran tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

“Kalau ukurannya ramah anak itu adalah adanya LPA atau Lembaga Perlindungan Anak memang belum. Kalau ukurannya adalah kebijakan-kebijakan yang ramah terhadap anak, memang belum sepenuhnya walaupun kita dari provinsi sudah meginisiasi beberapa program yang bisa mendukung NTB ramah anak”, katanya.

Yang terpenting menurutnya adalah bagaimana agar pemerintah daerah membangun kesepahaman dengan semua aparat penegak hukum. Kesepahaman tersebut terkait dengan persoalan hukum yang menimpa anak. Misalnya, ada anak yang terindikasi sebagai pelaku tindak kejahatan. Dalam hal ini yang semestinya dikedepankan adalah restorasi justice, tidak langsung membawa anak yang bersangkutan ke meja hijau. Dia menyarankan agar ada upaya mediasi dan menyelesaikan masalah itu di luar pengadilan. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply