Pertukaran Mahasiswa, STIKES Mataram Berangkatkan Mahasiswanya Ke Thailand

Ketua STIKES Mataram Dr Chairun Nasirin saat melakukan donor darah

Ketua STIKES Mataram Dr Chairun Nasirin saat melakukan donor darah

Mataram (Global FM Lombok)- Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Mataram memiliki segudang program untuk peningkatan kapasitas dan kualitas sumberdaya mahasiswanya. Awal bulan September ini, STIKES Mataram memberangkatkan empat orang mahasiswanya yang ditemani oleh tiga orang dosen ke Thailand dalam rangka pertukaran mahasiswa. Mereka akan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, kunjungan rumah sakit serta mengikuti pross pembelajaran selama dua minggu dinegara tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua STIKES Mataram Dr Chairun Nasirin kepada Global FM Lombok di Mataram Sabtu ( 29/8). Dia mengatakan, pertukaran mahasiswa ini merupakan rangkaian dari acara dies natalis STIKES Mataram yang ke 15. Dies Natalis STIKES diramaikan dengan acara edukasi dan hiburan bagi seluruh civitas akademika yang dimulai dari tanggal 18 – 29 Agustus 2015.

“Tanggal 1 September kami akan melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa itu dalam bentuk kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, kunjungan rumah sakit dan lain-lain. “ katanya.
Beberapa jenis kegiatan yang digelar antara lain pencarian mahasiswa berbakat atau berprestasi dalam sejumah bidang seperti kesehatan, pendidikan, pembuatan jurnal serta karya ilmiah. Digelar juga aneka olahraga untuk meramaikan agenda tersebut. “ Ini rutin kami gelar setiap tahun untuk mencari bakat mahasiswa.” Katanya.
Digelar juga kegiatan donor darah secara berkala oleh STIKES Mataram untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap kantong-kantong darah melalui PMI unit transfusi darah. Bahkan untuk urusan donor darah ini, STIKES Mataram pernah mencatat rekor MURI dalam ketegori peserta donor darah terbanyak se Indonesia.
Chairun Nasirin mengatakan, lulusan STIKES Mataram sudah banyak terserap di dunia kerja. Sekitar 70 persen lulusannya sudah bekerja di sejumlah institusi. Pihaknya memiliki database tingkat serapan tenaga kerja dari lulusan STIKES tersebut yang diambil dari berbagai data. Salah satunya data mahasiswa yang diambil bekerja oleh institusi sebelum mereka wisuda. “ Saat ini sudah banyak lembaga kesehatan yang bermunculan seperti klinik dan rumah sakit. Disanalah mereka banyak bekerja” ujar Chairun.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply