Pelantikan Serentak Bupati Walikota Dilakukan Juni Tahun Depan

Baliho pilkada serentak 7 kabupaten kota di NTB

Baliho pilkada serentak 7 kabupaten kota di NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Pelantikan serentak sebanyak 260 pejabat definitive bupati walikota di Kabupaten Kota dan gubernur di 9 provinsi di seluruh Indonesia yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 9 Desember mendatang bakal dilakukan pada bulan Juni 2016 mendatang. Di NTB, terdapat 6 Kabupaten Kota yang sudah pasti bakal melaksanakan Pilkada, yakni Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.
Hal itu dikatakan Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, Lalu Dirjaharta kepada Global FM Lombok, di Mataram. Ia mengatakan, awalnya pelantikan kepala daerah akan dilakukan pada bulan Maret. Namun, berdasarkan hasil rapat di Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), terdapat sejumlah gubernur, bupati dan walikota yang masa jabatannya berakhir pada bulan Juni. Jika pelantikan tetap dilakukan pada bulan Maret, maka masa jabatan mereka otomatis akan berkurang.
“Kemarin kan saya rapat di Kemendagri rencana pelantikan itu bulan Maret. Cuma setelah dievaluasi dari 260 Kabupaten Kota dan 9 gubernur itu ada ada yang berakhir masa jabatannya bulan Juni. Ketika itu dilakukan pelantikan bulan Maret, maka kurang jabatannya bupati atau gubernur yang bersangkutan itu. Kalau ada yang kurang berarti ada kompensasi makanya diundur sampai bukan Juni serentak”, katanya.
Dengan dilantiknya pejabat definitive tersebut, secara otomatis masa menjabat penjabat bupati walikota akan berhenti. Pelantikan pejabat definitive juga tidak akan lagi melalui sidang paripurna, melainkan dilantik secara serentak seperti pelantikan penjabat bupati dan walikota oleh gubernur. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply