Global FM Lombok Kembali Gelar Donor Darah Massal

Seorang petugas PMI sedang mentransfusi darah peserta donor darah di MGM Plaza Sabtu (29/8)

Seorang petugas PMI sedang mentransfusi darah peserta donor darah di MGM Plaza Sabtu (29/8)

Mataram ( Global FM Lombok)- Radio Global FM Lombok kembali menggelar acara donor darah massal Sabtu (29/8) pagi yang bertempat di pusat perbelanjaan MGM Plaza Mataram. Kegiatan ini rutin digelar untuk memenuhi permintaan darah masyarakat. Donor darah bersama PMI Unit Transfusi Darah Lombok Barat ini berhasil mengumpulkan sekitar 70 kantong darah.

Teknisi PMI Unit Transfusi Darah Lombok Barat Surya Hernandria kepada Global FM Lombok di Mataram Sabtu (29/8) mengatakan, PMI Unit Transfusi Darah Lombok Barat membutuhkan kantong darah antara 1600 sampai 2000 kantong dalam sebulan. Sebenarnya antara persediaan dengan permintaan kantong darah tidak seimbang karena permintaan selalu lebih banyak. Karena itu, untuk memenuhi permintaan masyarakat, PMI memenuhinya dengan donor pengganti.

Dia mengatakan, satu orang pasien banyak yang membutuhkan dari lebih dari satu kantong. Bahkan dalam beberapa kasus, satu orang pasien meminta sampai 20 kantong darah. Solusinya adalah, keluarga atau kerabat pasien mendonorkan darahnya di PMI lantaran stok yang tersedia di PMI tidak mencukupi.

“Kalau satu pasien mintanya satu kantong darah, terpenuhi dia. Tapi disini satu pasien bisa minta empat kantong, delapan kantong bahkan ada yang sampai 20 kantong. Itu makanya tidak bisa terpenuhi” katanya.

Surya mengatakan, pasien yang paling banyak membutuhkan darah antara lain pasien anemia, demam berdarah serta penyakit trombositopenia. Kalau dalam sehari, rata-rata keluarga pasien yang mencari darah di PMI Lombok Barat sekitar 25 orang. Namun darah yang diminta lebih dari 25 kantong, karena satu orang pasien membutuhkan berkantong-kantong darah.

Dia menuturkan, golongan darah yang cukup jarang ditemukan yaitu golongan AB. Biasanya mereka memiliki komunitas tersendiri agar nantinya bisa saling membantu jika membutuhkan darah dengan cepat. “ Karena merasa AB itu langka jadi paling tidak dalam satu komunitas itu memiliki 10 teman, kalau ada yang perlu dia saling telpon” katanya.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply