ACE dan Informa Mataram Larang Karyawatinya Berjilbab?

Direktur Operasional Informa Daniel Trisno bersama Direktur Operasional Ace Hardware, Sugiyanto Wibawa

Direktur Operasional Informa Daniel Trisno bersama Direktur Operasional Ace Hardware, Sugiyanto Wibawa

Mataram (Global FM Lombok)- Dua toko besar ACE dan Informa telah hadir di kota Mataram. Ratusan pekerja telah direkrut oleh manajemen retail ini untuk melayani para konsumen. Namun tidak satupun karyawati yang bekerja disana terlihat menggunakan jilbab. Apakah dua store ini melarang pekerjanya menggunakan jilbab?

Menurut Direktur Operasional Ace Hardware, Sugiyanto Wibawa kepada Global FM Lombok Jumat ( 28/8), kebijakan perusahaannya yaitu para karyawan tidak diperkenankan menonjolkan symbol salah satu agama tertentu. Karyawan diharuskan menggunakan seragam standar yang sudah dibuat oleh perusahaan. Standar perusahaan itulah yang digunakan sampai saat ini.

Meski demikian, dia menolak dikatakan bahwa manajemennya melarang penggunaan jilbab bagi karyawati. Kebijakan itu diterapkan hanya untuk menyamakan satu karyawan dengan karyawan lainnya.

“Kalau kita bahasanya tidak melarang, kalau mau pakai ya pakai semua, kalau tidak pakai tidak pakai semua. Kita tidak mempermasalahkan boleh atau tidak boleh karena kita ini seragamkan. Namun coba lihat semua wanita tu sangat rapi, dandanannya sama, bahkan kosmetiknay sama” katanya.

Sebelumnya, beberapa store besar di Mataram melarang penggunaan jilbab bagi karyawatinya dengan dalih mengedepankan penggunaan seragam. Namun belakangan menteri tenaga kerja dan walikota Mataram pada saat itu mengkritik keras kebijakan perusahaan bersangkutan sehingga store tersebut membolehkan karyawatinya menggunakan jilbab hingga sekarang. (ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply