Biar tak Ganggu Lalu Lintas, Nyongkolan Akan Diatur Melalui Perda Pedoman Pemakaian Jalan Umum

Kegiatan nyongkolan ( internet)

Kegiatan nyongkolan ( internet)

Mataram (Global FM Lombok)- Prosesi adat nyongkolan di pulau Lombok seringkali melewati jalan umum  yang banyak digunakan oleh kendaraam bermotor. Kemacetan arus lalu lintas akibat prosesi adat di jalan umum ini sering dijumpai  pada sore hari. Nantinya prosesi adat nyongkolan akan turut diatur melalui raperda Pedoman Pemakaian Jalan Umum yang sedang dibahas oleh DPRD NTB.

Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Provinsi NTB Baiq Isvie Rupaeda kepada Global FM Lombok mengatakan, raperda Pedoman Pemakaian Jalan Umum murni gagasan dari anggota dewan provinsi. Perda ini diharapkan bisa mengatur lebih baik pemakaian jalan umum untuk kegiatan apapun.

“ Kita sering kemana saja itu tidak bisa solat karena jalanan macet. Begitu panjang kilometer dipakai jalan untuk nyongkolan, acara adat. Itulah salah satu pemikiran kami untuk segera menerbitkan perda untuk mengatur lebih baik pemakaian jalan umum” kata Isvie.

Menurut Isvie, draf raperda Pedoman Pemakaian Jalan Umum ini belum dilakukan uji public untuk mengetahui tanggapan dan masukan masyarakat terhadap raperda yang akan dibahas oleh legislative. Kegiatan uji publik draf raperda ini akan digelar awal September  dengan menghadirkan sejumlah pihak yang berkompeten.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply