Visa Belum Keluar, 41 Orang CJH Asal Lombok Batal Diberangkatkan

Asrama Haji NTB

Asrama Haji NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Sebanyak 41 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal pulau Lombok batal berangkat ke tanah suci Mekkah pada kloter pertama yang dijadwalkan Jum’at (21/08) ini. Batalnya keberangkatan ke 41 orang CJH tersebut lantaran visa mereka belum dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Hingga saat ini, belum ada kepastian kapan mereka akan diberangkatkan pasca batalnya keberangkatan pertama mereka.

Kepala Kanwil Kemenag NTB H Sulaiman Hamid kepada wartawan di Asrama Haji NTB, Jum’at (21/08) mengatakan, dari total 3.596 CJH NTB, sebanyak 3.486 paspor CJH sudah ada di Kemenag pada tanggal 6 Agustus lalu. Hanya saja, proses pengeluaran visa di pemerintah Arab Saudi terlambat. Persoalan keluarnya visa tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan dari pemerintah Arab Saudi.

Namun, sejauh ini pihaknya belum menerima keterangan dari pemerintah Arab Saudi soal belum dikeluarkannya visa CJH tersebut.

“Setelah kita lakukan pengecekan kembali terhadap visa-visa yang sudah kita terima untuk kloter pertama terdapat 41 CJH yang belum kita terima visanya sampai dengan hari ini. Dan itu sudah kita diberitau melalui surat pak Dirjen yang saya terima tadi malam sekitar jam 11 malam . Tentang kloter kita tidak bisa menentukan, yang jelas kita akan jamin mereka akan bisa berangkat pada tahun ini.” Kata Sulaiman Hamid

Ia mengatakan, Kanwil Kemenag tidak menerima visa sekaligus, melainkan hanya menerima visa yang telah jadi. Selain itu, pihaknya juga selalu mengecek ke Kemenag di Jakarta apakah visa-visa CJH NTB sudah keluar. Pihaknya akan berupaya agar ke 41 CJH itu bisa diberangkatkan pada kloter berikutnya. Adapun jumlah CJH kloter pertama sebanyak 360 orang.(irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply