Warga KSB Produksi Coco Net Untuk Reklamasi Tambang

Warga sedang membuat coco net

Warga sedang membuat coco net

Taliwang (Global FM Lombok)- Warga Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah mampu membuat coco net atau jaring serabut kelapa untuk keperluan reklamasi lahan. Jaring serabut itu dibeli oleh Pt Newmont Nusa Tenggara (NNT) setiap bulan dengan jumlah lebih dari 300 rol. Dulunya, cocot net ini diimpor oleh Newmont dari Myanmar, Thailand dan India.

Pengelola produsen Coco Net di kecamatan Sekongkang, KSB Yasin mengatakan, sejak adanya kerajinan jaring serabut kelapa ini, perusahaan Newmont tidak lagi membeli dari luar negeri. Jumlah pekerja yang ada disini sebanyak 35 orang. Mereka kebanyakan adalah ibu-ibu rumah tangga.

“ Untuk sementara ini kita pasarkan di Newmont sama pernah sekali kemarin kita pasarkan di Hu’u Dompu. Tapi yang kita fokuskan itu di Newmont karena permintaannya besar. Kalau harga jual kita tidak tahu, karena yang kita tahu hanya 100 ribu per rol. “ kata Yasin.

Yasin mengatakan, Newmont melakukan reklamasi lahan di bekas tambang secara berkelanjutan. Jaring serabut kelapa ini dibutuhkan untuk menguatkan struktur tanah agar proses penanaman pohon bisa lebih bagus.

Sementara itu, Nurmin salah seorang pekerja pembuat jaring serabut kelapa menuturkan, upah yang diperoleh dari kegiatan ini berkisar 800 ribu hingga 1 juta per bulan, tergantung dari hasil yang diperoleh dalam sehari. Upah yang diperoleh dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan-sehari-hari.(ris)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply