Warga Berpendidikan Rendah di Lingkar Tambang Newmont Diakomodir Bekerja

Haul Truck, salah satu kendaraan untuk mengangkut bebatuan tambang Newmont

Haul Truck, salah satu kendaraan untuk mengangkut bebatuan tambang Newmont

Taliwang (Global FM Lombok)- Sekitar 400 warga berpendidikan rendah dari kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diakomodir bekerja di lingkungan perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Mereka rata-rata bependidikan SD dan ditempatkan di sektor kebersihan dan transportasi. Abdul Gani, warga Sekongkang yang selama inti bertugas merekrut tenaga kebersihan dari kalangan masyarakat berpendidikan rendah.

Abdul Gani dalam acara kunjungan media Jumat(14/8) mengatakan, keberadaan tambang asal Amerika itu telah memberi pekerjaan untuk masyarakat sekitar, terutama di lingkar tambang. Menurutnya, jumlah pengangguran telah berkurang setelah Newmont beroperasi kembali pada bulan Maret lalu. Sebelumnya, para pekerja menganggur lantaran perusahaan ini berhenti beroperasi selama tiga bulan di tahun 2015.

Dia mengatakan, rata-rata gaji yang diterima para pekerja di sektor kebersihan dan transportasi ini antara 3 sampai 4 juta rupiah perbulan.

Abdul Gani sendiri adalah salah seorang bekas pekerja Newmont lulusan SD yang kini sebagai pemasok tenaga kerja untuk Newmont. Selain memasok tenaga kerja dari kalangan warga berpendidikan rendah, dia juga memiliki belasan bus yang dikerjasamakan dengan Newmont. Para pekerja tambang menggunakan bus ini untuk transportasi sehari-hari dengan sistem bayar bulanan.

Dia meminta kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar memberi dispensasi kepada perusahaan tambang ini dalam mengekspor konsentrat. Pasalnya, keberlangaungan operasional tambang telah mempengaruhi kesejahteraan masyatakat secara umum.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply