Idul Fitri, Payload Telkomsel di Bali Nusra Naik 23 Persen

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid bersama jajaran manajemen Telkomsel Area Jawa Bali berbincang dengan pemilik outlet seluler di Mataram saat mengecek kesiapan produk dan layanan Telkomsel menghadapi periode Lebaran.

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid bersama jajaran manajemen Telkomsel Area Jawa Bali berbincang dengan pemilik outlet seluler di Mataram saat mengecek kesiapan produk dan layanan Telkomsel menghadapi periode Lebaran.

(Global FM Lombok)- Pada periode H-1 hingga H+1 Idul Fitri yang lalu, Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi yang signifikan di berbagai lokasi yang menjadi pusat keramaian di wilayah Bali, NTB, dan NTT. Puncak peningkatan trafik layanan data atau payload terjadi pada H+1 Lebaran yang mencapai 23,32 persen menjadi 79,09 terabyte dibandingkan payload 64,14 terabyte pada hari normal. Angka tersebut melonjak 211 persen lebih dibandingkan periode Lebaran tahun 2014.

Kenaikan payload tertinggi dibandingkan hari normal terjadi di area pelabuhan dengan 184 persen, disusul lokasi wisata pantai (175 persen), lalu pasar oleh-oleh (53 persen). Sementara itu, wilayah dengan volume payload tertinggi berturut-turut bandara dengan 841 gigabyte, lokasi wisata bahari (465 gigabyte), dan alun-alun kota (451 gigabyte).

Walaupun tidak sesignifikan payload, kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara. Pada hari H Lebaran trafik komunikasi suara meningkat 4,64 persen menjadi 1,35 juta erlang dari 1,29 juta erlang pada hari normal. Dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, terjadi peningkatan 23 persen lebih.

Sementara itu, sama seperti beberapa tahun belakangan, trafik SMS pada periode Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan hari normal. Puncak trafik SMS terjadi pada hari H Lebaran dengan 36,8 juta SMS atau menurun tipis 2,14 persen dibandingkan 37,6 juta SMS pada hari normal. Apabila dibandingkan dengan Lebaran tahun 2014, trafik SMS menurun 20,69 persen.

“Meningkatnya penggunaan layanan data pada periode Lebaran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai pilihan utama untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat saat Lebaran. Tren ini akan terus berlanjut hingga H+7 Lebaran mengingat wilayah Bali Nusra merupakan destinasi wisata utama di Indonesia, di mana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah foto liburannya bersama keluarga dan kerabat ke media sosial,” jelas Danny Agus Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra.

Dari sisi kualitas layanan, selama periode Lebaran kali ini tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata lebih dari 98 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan data rata-rata di atas 99 persen. “Secara umum kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran ini terlayani dengan baik serta tanpa kendala berarti berkat persiapan dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel. Kami tetap menyiagakan seluruh elemen jaringan hingga H+7 Lebaran, termasuk mengoperasikan tujuh unit compact mobile BTS atau Combat di Pelabuhan Gilimanuk, Pantai Kuta, Pantai Padang-padang, Pantai Medewi, dan Tanjung Benoa untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Telkomsel,” kata Danny.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply