Libur Lebaran, Pasien Rujukan di RSUP NTB Membludak

Pasien dirawat di UGD RSUP NTB

Pasien dirawat di UGD RSUP NTB

Global FM Lombok (Mataram) – Pada saat libur lebaran ini, jumlah pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB membludak. Pasien rujukan tersebut didominasi oleh pasien korban kecelakaan lalulintas (lakalantas). Dalam sehari, RSUP NTB menerima sebanyak empat orang pasien rujukan yang merupakan korban lakalantas di Kabupaten Kota. Dibanding hari-hari biasanya, jumlah pasien korban lakalantas yang dirujuk ke RSUP meningkat dua kali lipat.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perawatan RSUP NTB, dr Sri Kartika kepada Global FM Lombok, di Mataram Senin (20/07) siang. Ia mengatakan ada pasien korban lakalantas yang cedera kepala berat dan terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah Denpasar Bali untuk memperoleh perawatan yang lebih intensif. Pasien rujukan ini kebanyakan berasal dari Rumah Sakit atau Puskesmas di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).

“Pasiennya membludak, terutama karena kecelakaan dari Praya, rujuk ke Rumah Sakit kemungkinan karena dokternya tidak ada ditempat. Kebanyakan pasien rujukan. Yang kemarin sore itu saja kami terima itu 4, dari Praya 2 dan Cakra 1 dan dari Lotim 1”, kata Sri Kartika Senin (20/7)

Selain pasien korban lakalantas, pasien yang dirujuk ke RSUP NTB adalah pasien melahirkan dengan cesar dan pasien yang sakit asma akibat datangnya musim kemarau. Ia mengatakan, banyaknya pasien yang dirujuk ke RSUP ini lantaran dokter di masing-masing puskesmas dan rumah sakit Kabupaten Kota sedang cuti. Meski demikian, ia mengaku sejauh ini kapasitas RSUP NTB masih mencukupi untuk pasien-pasien tersebut. (ris/irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply