Dampak Debu Vulkanik Gunung Raung, Penerbangan di BIL Ditutup Sementara

Bandara Internasional Lombok (BIL)

Bandara Internasional Lombok (BIL)

Mataram (Global FM Lombok)-Meningkatnya aktifitas Gunung Raung Jawa Timur telah berdampak terhadap aktifitas penerbangan di Bandara International Lombok (BIL). Berdasarkan keterangan dari pihak BIL, seluruh langit pulau Lombok dan Bali tertutupi oleh debu vulkanik Gunung Raung yang berbahaya bagi penerbangan. Akibatnya, aktifitas penerbangan di BIL ditutup sementara sejak pukul 00 tadi malam dan diperkirakan akan kembali dibuka pada jam 22.30 Jum’at (10/07) nanti malam.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB, Agung Hartono di Mataram Jum’at (10/07) pagi. Ia mengatakan, sebanyak 45 penerbangan dengan 90 pergerakan pesawat baik dari dan menuju BIL ditunda.Namun, jika ada perkembangan, aktifitas penerbangan ini akan dibuka kembali sebelum jam 10 malam.

“Berdasarkan informasi koordinasi kami dengan pihak airnav di BIL bahwa sejak tadi malam jam 12, bahwa BIL ditutup sementara sampai dengan jam 10:30 nanti malam tanggal 10 Juli. Kenapa ditutup, di atas pulau Lombok ini sudah tertutup oleh debu vulkanik dari gunung Raung sangat membahayakan bagi penerbangan. Sehingga berdasarkan jadwal yang ada, setiap hari itu ada 45 penerbangan itu tertunda ”, katanya.

Ia menjelaskan, penutupan ini secara otomatis juga akan menutup penerbangan dari Sumbawa dan Bima menuju BIL dan Bali. Sementara itu, terkait dengan kondisi penumpang di BIL, ia memastikan para penumpang tidak terlatar serta melakukan protes karena pihak Angkasa Pura telah menginformasikan kondisi ini kepada para penumpang. Adapun jumlah penumpang yang batal terbang, disbutkannya tidak sampai mencapai ribuan. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply