Pilkada KLU, Tiga Gili dan Wilayah Terpencil Jadi Perhatian Khusus

Komisioner KPU KLU Abdul Karim

Komisioner KPU KLU Abdul Karim

Tanjung (Global FM Lombok)- KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU) mulai melakukan sosialisasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut bulan Desember nanti. KPU memberi perhatian khusus untuk wilayah kepulauan seperti tiga Gili serta wilayah dusun yang berada diatas gunung. KPU setempat memastikan bahwa sosialisasi maupun pengiriman logistik untuk tiga Gili maupun dusun terpencil akan dilakukan secara maksimal.

Divisi Sosialisasi dan Hupmas KPU KLU Abdul Karim kepada Global FM Lombok Jumat (3/07) mengatakan, penduduk KLU banyak yang tinggal di atas pegunungan, namun sejauh ini masih tetap terjangkau oleh siapapun dengan kendaraan bermotor. Hanya beberapa dusun yang membutuhkan tenaga kuda untuk mengangkut logistic menjelang pemungutan suara.

“ Terpencil kita lebih pada geografisnya karena kontur tanah kita agak tinggi. Kalau kita harus menggunakan kuda ya pakai kuda karena tidak bisa naik motor. Itu nanti kita lebihkan dalam pengangkutan kotaknya. Artinya tidak sama dia dengan yang di wilayah datar” kata Abdul Karim.

Sementara itu Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU KLU, Burhan Ekwanto mengatakan, wilayah tiga Gili menjadi perhatian KPU karena tingkat partisipasinya yang cenderung lebih rendah. Salah satu upaya agar tingkat partisipasi di Pilkada nanti lebih tinggi yaitu dengan melakukan koordinasi dengan para pengelola usaha disana. Diharapkan para pekerja yang memiliki hak pilih diberikan waktu untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Gili Trawangan, Gili Air itu tingkat partisipasinya masih rendah. Makanya kita upayakan disana itu partisipasinya itu bisa meningkat, salah satunya dengan berkoordinasi dengan general manager hotel atau pengusaha itu pada saat hari H pemungutan suara itu nanti dibuat shipnya, dibuat menyesuaikan dengan hari pemilihan. Agar dia bisa keluar untuk menggunakan hak pilihnya” kata Burhan.

Dia mengatakan, distribusi logistik menuju wilayah tiga Gili menggunakan perahu. Karena itu butuh kehati-hatian agar logistic bisa selamat sampai tujuan tanpa adanya kerusakan apapun.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply