Telkomsel Jamin Kualitas Layanan Broadband di Lombok

Manager Service Quality Assurance Telkomsel Regional Bali Nusra Trihan Marsudi menjelaskan kualitas jaringan broadband Telkomsel saat uji jaringan bersama media di inner city Mataram (1/7). Hasil Drive Test di Lombok memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal layanan data Telkomsel secara umum sangat baik.

Manager Service Quality Assurance Telkomsel Regional Bali Nusra Trihan Marsudi menjelaskan kualitas jaringan broadband Telkomsel saat uji jaringan bersama media di inner city Mataram (1/7). Hasil Drive Test di Lombok memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal layanan data Telkomsel secara umum sangat baik.

Mataram (Global FM Lombok)– Telkomsel melakukan uji kualitas jaringan broadband wilayah dengan trafik layanan komunikasi terpadatdi Pulau Lombok, di antaranya di inner city Kota Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan di Lombok dalam menikmati layanan data berbasis broadband.

Pengecekan jaringan langsung dilakukan oleh GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Danny Agus Triawan bersama awak media dengan menggunakan bus yang dilengkapi peralatan khusus Drive Test Monitoring Radio Cellular Performance. Alattersebut dapat menampilkan performansi jaringan dari sisi ketersediaan sinyal dan kualitas jaringan.

Danny mengatakan, Open Drive Test jaringan ini merupakan kegiatan quality assurance sebagai upaya untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan di Lombok. Sebagai satu-satunya operator seluler milik Indonesia yang melayani Lombok, kami bertanggung jawab menghadirkan layanan terbaik agar masyarakat Lombok dapat merasakan kualitas layanan broadband yang optimal.”

“Kegiatan Open Drive Test yang hasilnya akan dilaporkan kepada seluruh stakeholders oleh wartawan ini merupakan bukti keseriusan Telkomsel dalam menghadirkan layanan berkualitas secara transparan, sekaligus mendukung upaya regulator dalam mewujudkan iklim kompetisi yang sehat berorientasi pada quality of service,” tambah Danny.

Pada Drive Test yang dilakukan Telkomsel, kekuatan sinyal layanan data diukur dengan parameter Received Signal Code Power (RSCP), sedangkan parameter untuk mengukur kualitas sinyal layanan data disebut Channel Quality Indicator (CQI). Sementara itu, parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat kecepatan akses layanan adalah HTTP Throughput.

Hasil Drive Test di Lombok memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal layanan data Telkomsel secara umum sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RSCP -78,7 dBm dan CQI 21,72. Sementara kualitas layanan data yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 100 MB hingga 1 GB menunjukkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata HTTP Throughput 7,4 Mbps dengan Maximum Throughput 27,7 Mbps.

Untuk menghadirkan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Lombok dalam menikmati layanan broadband, Telkomsel telah menggelar lebih dari 200 Node B atau BTS 3G yang menjangkau hamper seluruh wilayah populasi Pulau Lombok.Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di Lombok dalam menikmati layanan broadband, Telkomsel telah menggandakan kapasitas jaringan broadband menjadi 2 Gbps. Telkomsel juga telah mengimplementasikan dual carrier dalam teknologi High Speed Packet Access Plus (HSPA+) yang memaksimalkan kecepatan akses data hingga mencapai 42 Mbps.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply