Bulan Mei, Turis Asal Malaysia Banyak Banyak Lewat BIL

Bandara Internasional Lombok (BIL)

Bandara Internasional Lombok (BIL)

Mataram (Global FM Lombok)- Turis asal Malaysia masih tetap mendominasi tingkat kunjungan ke pulau Lombok terutama yang terpantau di pintu masuk Bandara Internasional Lombok (BIL). Pada bulan Mei 2015, jumlah kunjungan mancanegera melalui BIL sebanyak 5.517 orang, dari jumlah itu sebanyak 3.397 orang berasal dari Malaysia.

Kepala BPS Provinsi NTB Wahyudin mengatakan, perbandingan angka kunjungan mancanagera melalui BIL dari April hingga Mei cenderung stabil. Hanya terjadi sedikit penurunan yaitu sebanyak 12 orang di bulan Mei. Namun, turis asal Malaysia semakin banyak terpantau datang ke NTB, disusul turis asal Singapura dan Negara-negara Eropa lainnya.

Tingginya angka kunjungan wisatawan asal negera jiran tersebut melalui BIL karena adanya penerbangan langsung Lombok – Kuala Lumpur. Sementara turis asal Australia yang awalnya paling banyak melalui BIL, kini turun drastis menjadi 119 orang pada bulan Mei lalu. Anjoloknya turis asal negeri Kanguru itu disebabkan oleh terhentinya penerbangan langsung Lombok – Perth sejak tahun 2014 yang dilayani oleh Jetstar.

Dari sisi tingkat penghunian kamar, hotel berbintang mengalami peningkatan pada bulan Mei lalu yaitu tercatat sebesar 47 persen. Adapun jumlah tamu yang menginap di hotel berbintang bulan Mei lalu tercatat sebanyak 47 ribu orang. Angka ini meningkat dari keadaan bulan April yang sebanyak 36 ribu orang.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply