MUI NTB : Ada Paham Radikal, Namun Tidak Mengarah ke Terorisme

radikalisme

radikalisme

Mataram (Global FM Lombok)-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTB Prof H Saiful Muslim mengatakan, di provinsi NTB memang terdapat paham-paham radikal, namun tidak mengarah pada tindakan terorisme. Warga NTB yang ditembak maupun yang tertangkap oleh Densus 88 Anti Teror akibat aktifitas terorisme beberapa tahun belakangan ini memang cukup disayangkan. Namun ideologi dan pelatihan teror itu mereka dapatkan dari luar daerah, bukan di wilayah NTB.

Hal itu disampaikan Ketua MUI Provinsi NTB Prof H Saiful Muslim usai berdialog dengan komisi V bidang keagamaan DPRD NTB Selasa (12/5). Dia mengatakan,  sebenarnya sikap radikal itu tidak menjadi persoalan selama sikap itu untuk menambah ketaqwaan dan meningkatkan kualitas keimanan. Asalkan sikap radikal tidak sampai melecehkan umat Islam yang lain karena hal itu berpotensi menyebabkan konflik ditengah masyarakat.

“ Kalau yang secara utuh ‘produksi’ NTB itu tidak ada, ya kalau paham-paham radikal yang sepenuhnya belum mengarah ke teroris itu ada. Tetapi kalau yang mengarah ke teroris yang dibangun di NTB dan beroperasi di NTB itu tidak ada. “ kata Saiful Muslim.

Saiful Muslim mengatakan, banyak umat muslim yang gelisah karena sejumlah praktek syariat yang selama ini dijalankan dinilai bid’ah oleh kelompok Islam tertentu. Penilaian seperti ini banyak yang memicu kemarahan warga Ahlussunnah, sehingga dia berharap agar keyakinan yang dianut oleh umat seagama atau umat beragama tidak saling mengganggu untuk menciptakan keharmonisan.(ris)-

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply