Gantikan Jetstar, Air Asia Akan Layani Rute Lombok-Australia

maskapai jetstar

maskapai jetstar yang berhenti beroperasi tahun sejak lalu

Mataram (Global FM Lombok)-Maskapi penerbangan Air Asia direncanakan akan melayani rute penerbangan Perth Australia-Bandara International Lombok (BIL). Maskapai ini akan menggantikan maskapai penerbangan Jetstar yang telah hengkang sejak tahun lalu. Air Asia diperkirakan akan mulai melayani rute Perth-Lombok  mulai akhir tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB, Agung Hartono kepada Global FM Lombok, Senin (11/05) di kantor gubernur NTB. Ia mengaku belum menerima pemberitahuan secara resmi terkait rencana penerbangan tersebut. Namun, Menteri Pariwisata, Arief Yahya ketika berkunjung ke NTB beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa Air Asia akan melayani penerbangan Perth-Lombok. Berdasarkan ketentuan, izin penerbangan itu akan dilakukan oleh Airline langsung kepada Ditjen Udara Kementerian Perhubungan tanpa melalui pemerintah daerah.

“ Secara resmi kami belum mendengar, tapi informasi kemarin pada saat kunjungan pak menteri pariwisata menyampaikan sudah ketemu dengan management Air Asia. Rencana sekitar 5 bulan kedepan akan mempersiapkan untuk bisa terbang Lombok ke Perth. Nah tentunya ini yang sedang didorong oleh kita semua, termasuk menteri pariwisata kemarin menyampaikan ke saya”, katanya.

Ia mengatakan, Kementerian Perhubungan akan memberikan keterangan kepada pemerintah daerah ketika izin penerbangan tersebut  sudah ada kepastian. Namun, pemerintah daerah memang sejak awal mendorong agar ada maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung Perth-Lombok. Pasalnya, akibat berhentinya Jetstar, jumlah kunjungan turis asal  Australia menurun drastis.  Sebagai gambaran, tahun lalu, maskapai penerbangan Jetstar telah mengangkut sebanyak 65 ribu penumpang. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply