Pengangguran Masih Tinggi, Mataram Gelar Job Fair

 

Mataram (Global FM Lombok)-Berdasarkan data pada bulan Desember 2014, jumlah pengangguran di Kota Mataram sebanyak 9.530 orang. Sehingga untuk mengurangi pengangguran di Kota Mataram, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram akan menggelar job fair atau bursa kerja. Job fair yang akan diselenggarakan diklaim bisa mengurangi angka pengangguran sekitar 30 persen.

isosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik

isosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik

 

Demikian disampaikan Kepala Disosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik Jum’at (05/08) di Mataram. Perusahaan yang akan ikut pada kegiatan job fair tersebut diharuskan untuk menerima 50 persen warga kota Mataram.

“ Kemarin kan baru 18 perusahaan, nah tadi pagi saya cek ada 20 perusahaan. Kita masih nunggu sampai hari H pelaksanaan nanti, Insya Allah nanti bisa sampai ribuan tenaga kerja yang dibutuhkan sampai hari pelaksanaan tanggal 16 – 17 Mei itu. Kita wajibkan 50 persen warga Mataram, semua perusahaan kita wajibkan 50 persen yang terserap” kata Khalik.

Dari  jumlah pengangguran itu, dilaporkan terjadi penurunan sebanyak 300 orang sampai bulan Februari 2015 ini. Selain itu, jumlah pengangguran terdidik di Kota Mataram sebanyak 45 persen, sementara pengangguran terbuka atau warga yang tidak mempunyai pekerjaan yaitu sebesar 4,75 persen.

Khalik mengatakan, Job fair akan diselenggarkan selama dua hari yaitu tanggal 16 sampai 17 Mei di Mataram Mall. Perusahaan yang ikut bergabung dikegiatan job fair ini yaitu perusahaan yang benar-benar membutuhkan karyawan dan dipastikan warga yang memasukkan lamaran kerja akan diakamodir. Karena berdasarkan pengalaman job fair yang sudah diselenggarakan oleh lembaga lain banyak perusahaan yang tidak memanggil warga yang sudah memasukkan lamaran.(azm/ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply