Triwulan I 2015, Ekonomi Konsumen di NTB Turun

Kepala BPS NTB wahyudin

Kepala BPS NTB wahyudin

Mataram (Global FM Lombok)-Indeks tendensi konsumen pada triwulan I 2015 di NTB sebesar 97,50. Angka ini menggambarkan kondisi ekonomi konsumen di daerah ini yang menurun dibandingkan keadaan triwulan ke IV tahun 2014 lalu. Menurunnya ekonomi konsumen karena turunnya indeks pendapatan rumah tangga kini yaitu sebesar 86,90. Penurunan indeks ini dinilai cukup besar sehingga indeks tendensi konsumen pada triwulan I tidak mampu berada di atas 100 yang menjadi acuan perhitungan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Wahyudin dalam rilisnya Selasa (5/5) siang mengatakan, pada triwulan I 2015 kegiatan ekonomi mengalami kontraksi seperti menurunnya pendapatan dari usaha konstruksi, industry, pariwisata dan lain-lain.

“ Indeks tendensi konsumen pada triwulan I 2015 itu mengalami penurunan dibandingkan dengan triwulan IV. Itu disebabkan karena menurunnya pendapatan konsumen. Penurunan pendapatan konsumen pada triwulan I 2015 sebagian besar dirasakan oleh konsumen dengan selisih yang cukup besar dibadingkan dengan konsumen yang menyatakan meningkat yakni 13,1 persen. Jadi sebagian besar itu mengalami penurunan” kata wahyudin.

Wahyudin mengatakan, meski indeks tendensi konsumen pada triwulan I 2015 masih rendah, namun Indeks tendensi konsumen pada triwulan II 2015 diperkirakan sebesar 104 ,66 yang artinya kondisi eknomi konsumen diperkirakan akan membaik dengan optimism konsumen yang relative cukup bagus. Perkiraan meningkatnya ekonomi konsumen pada triwulan II ini terutama didorong oleh meningkatnya pendapatn rumah tangga.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply