Hemat Biaya Operasional, Pemkot Rencanakan Buat TPA Sendiri

Mohan Roliskana

Mohan Roliskana

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah Kota Mataram berencana akan membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi persoalan yang akan terjadi dengan masyarakat sekitar TPA. Karena selama ini pemerintah Kota Mataram membuang sampah di daerah Kebon Kongok Lombok Barat dan hal ini menjadi persoalan dengan masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana kepada Global FM Lombok Senin (03/09) di Mataram. Ia mengatakan, saat ini sampah yang ada di Kebun Kongok Kecamatan Gerung mempunyai persoalan terutama masalah lahan dan persoalan dengan masyarakat. Dengan kondisi ini, pemerintah Kota Mataram masih mencari lahan dan akan dijadikan sebagai TPA kota Mataram. Selain itu dengan adanya alat insenerator yang akan diberikan oleh pemerintah Prancis melalui program eko distrik dinilai akan sangat membantu dalam hal pengelolaan sampah.

“Ada persoalan kita sekarang ini volume sampah kita semakin besar kemudian populasi masyarakat kita semakin bertambah pada saat yang sama tempat pembuangan akhir kita di Kongok ada masalah. Diluasnya juga ada masalah, penumpukan sampah disana juga menggunung disisi lain juga kita ada persoalan dengan masyarakat sekitar. Perlu ada solusi yang bisa menyelesaikan masalah ini secara komperhensif . Maka itu kita berwacana untuk mencoba membuat tempat pembuangan akhir sendiri di Kota Mataram. Sekarang ini masih kita coba cari tempat yang cocok luasannya juga memadai dari situ kita bisa mengelola sampah sendiri,”katanya

Menurutnya, di Kota Mataram masih ada lahan yang bisa digunakan untuk membangun TPA. Adapun rencana pemerintah provinsi NTB yang akan membuat tempat pembuangan akhir regional dinilai cukup jauh yaitu di kawasan Lembar. Ini juga menimbulkan masalah yaitu biaya operasional kendaraan akan bertambah. Direncanakan pembangunan TPA di Kota Mataram akan direalisasikan pada tahun ini dan lahan ini bisa untuk pembuangan sampah selama 20 sampai 30 tahun kedepan.

Banyak keuntungan yang diperoleh jika pemerintah Kota Mataram membangun TPA sendiri, diantaranya biaya operasioanl lebih sedikit dan tidak ada masalah social dengan masyarakat setempat. Adapun rencana lokasi TPA kota Mataram yaitu di kawasan selatan(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply