KUA Tidak Bisa Terbitkan Buku Nikah Untuk Pasangan Dibawah Umur

Pernikahan Dini (ilustrasi)

Pernikahan Dini (ilustrasi)

Giri Menang (Global FM Lombok)-Berdasarkan data dari Kantor Urusan Agama (KUA) Narmada, banyak warga Kecamatan Narmada yang belum memiliki buku nikah. Pasangan yang paling banyak tidak memiliki buku nikah yaitu pasangan suami istri yang menikah dibawah umur  yaitu kurang dari 16 tahun untuk perempuan dan kurang dari 19 tahun untuk laki-laki, sehingga KUA juga tidak bisa menerbitkan buku nikahnya.

Demikian disampaikan Kepala KUA Narmada Isnarto Mardain Ningrat kepada Global FM Lombok di KUA Narmada Rabu (03/04) pagi. Ia mengatakan, sebenarnya pemerintah memberikan keringanan kepada pasangan dibawah umur untuk mengurus dispensasi menikah di bawah umur di Pangadilan Agama. Surat dispensasi dari pengadilan agama itu menjadi pegangan KUA di wilayah masing-masing untuk menerbitkan buku nikah.

“Memang ada laporan dari masyarakat kalau mereka tidak memiliki buku nikah. Ada beberapa yang melatarbelakangi diantaranya saat itu setelah kami coba kros cek konfirmasi sama mereka yang pertama mereka dulu nikahnya di bawah umur. Sehingga jelas disaat itu tidak mungkin untuk dicatatkan. Disaat disarankan ke pengadilan untuk mengurus dispensasi atau izin menikah mereka tidak bersedia atau tidak mau mengurusnya ke pengadilan agama,”katanya

Dia mengatakan, selain nikah dibawah umur yang belum memiliki buku nikah, janda atau duda juga banyak yang tidak mempunyai buku nikah. Pasalnya ketika melangsungkan pernikahan, salah satu pasangan tersebut tidak memiliki akta cerai dari pengadilan. Diakui Isnarto, KUA Narmada belum mendata jumah pasti pasangan suami istri yang tidak mempunyai buku nikah.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan buku nikah pasangan suami istri yang ada di Kecamatan Narmada, KUA Narmada ikut menyumbangkan sekitar 250 pasangan pada penyelenggaraan isbat nikah. Hal itu dilakukan karena sudah dua tahun berlangsung pemerintah Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan lembaga terkait untuk melangsungkan isbat nikah yaitu pada tahun 2013 lalu tahun 2014.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. ابو علدي مولن5 March 2015, 02:59 at 2:59 am

    lombok paling banyak janda di bwah umur

Leave a Reply