Jika Smelter tak Dibangun di Sumbawa Barat, Bupati Ancam Hadang Kapal Konsentrat Newmont

Bupati KSB Kyai Zul

Bupati KSB Kyai Zul

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus menuntut PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) agar membangun mesin pemurni mineral atau smelter di wilayah KSB. Keberadaan smelter dipandang akan membawa dampak multiplayer bagi perekonomian masyarakat KSB. Jika smelter dibangun di luar daerah, Bupati KSB KH Zulkifli Muhadli mengancam akan memasang palang laut agar kapal pembawa konsentrat tidak bisa keluar.

Hal itu ditegaskan Bupati KSB KH Zulkifli Muhadli kepada Global FM Lombok di Mataram Selasa (24/2). Bupati yang akrab disapa Kyai Zul ini mengaku serius dengan ancaman itu karena KSB sebagai daerah penghasil tambang selama ini hanya memperoleh sedikit dari keuntungan bisnis pertambangan. Kyai Zul mengatakan, ada pihak ketiga yang sudah sanggup membangun smelter di KSB, tinggal meminta persetujuan PT Newmont untuk mau kerjasama dengan perusahaan smelter itu.

“Ya saya mau pasang palang di laut itu supaya kapalnya tidak bisa keluar. Ini serius kalau smelter tidak dibangun di KSB. Saya tetap meminta smelter di bangun di KSB. Tetapi karena yang membangun bukan mereka tapi pihak ketiga, pihak ketiganyapun sudah saya hubungi dan siap membangun smelter di KSB. Dia investor nasional. Yang kita mau tunggu sekarang hanya satu bahwa Newmont siap mendrop konsentrat sebagai bahan baku smelter. Itu saja” kata Kyai Zul.

Bupati mengatakan, smelter menghasilkan aneka produk ikutan dari limbah konsentrat itu sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi ekonomi daerah. Perlunya smelter dibangun di KSB juga karena konsentrat Newmont yang keluar nilainya mencapai sekitar Rp 20 triliun pertahun. Sementara KSB hanya memperoleh royalty sekitar Rp 70 miliar dalam setahun. Sehingga keberadaan tambang harus mampu mensejahterakan warga melalui proses pemurnian mineral dalam daerah.

Informasi sebelumnya, empat perusahaan pemegang Kontrak Karya (KK) yaitu PT Newmont, PT Freeport, PT Gorontalo Mineral dan PT Kalimantan Surya Kencana berencana akan membangun fasilitas smelter bersama di Gresik, Jatim. Smelter yang akan dibangun itu memiliki kapasitas produksi 2 juta ton setahun (ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Usman Usman28 February 2015, 04:18 at 4:18 am

    langkah utk bangun smelter di lokasi tambang Newmont merupakan keharusan, kalau memang pihak perusahaan mempunyai etikat baik, terhadap rakyat KSB dan umumnya NTB. dan pemerintah harus bersinergi dalam memperjuangkan hal tersebut.

Leave a Reply