Lahan Persawahan Berkelanjutan Mau Ditanami Bangunan, Ini Yang Dilakukan Kota Mataram

alih fungsi lahan (ilustrasi)

alih fungsi lahan (ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Sampai saat ini rencangan peraturan daerah (raperda) tentang lahan berkelanjutan belum rampung di bahas oleh DPRD Kota Mataram. Namun Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Mataram tetap berupaya mengendalikan lahan-lahan persawahan yang memiliki saluran irigasi bagus agar tidak ada pembangunan. Karena saat ini sudah ada beberapa pengurusan izin pembangunan di lahan persawahan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PKP Kota Mataram H. Mutawalli kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, saat ini izin pembangunan di lahan persawahan tersebut masih dalam pembahasan karena lokasi yang tunjuk pada izin tersebut yaitu kawasan yang dihajatkan menjadi lahan berkelanjutan. Disebutkan, lahan yang ada di Kota Mataram yang masih tersisa yaitu seluas 2.063 hektar, sementara direncanakan lahan yang akan dipertahankan yaitu seluas 2000 hektar lebih.

“Dinas Pertanian juga sudah berkoordinasi, sekarang kita hanya mengendalikan saja dulu sawah-sawah yang irigasinya sangat bagus yang di kiri kanan sawah tidak ada rumah untuk itu ditahan dulu. Namaun kalau sudah kejepit tidak bisa kita kendalikan. Sudah ada beberapa izin yang dikoordinasikann oleh dinas tata kota ke kita, izin perumahan di persawahan kita rekomendasi. Ya rekomendasinya berbunyi, ini adalah sawah yang dihajatkan sebagai lahan pertanian berkelanjutan,”katanya

Pemerintah Kota Mataram berencana akan memberikan konpensasi kepada pemilik lahan yang masuk kedalam lahan berkelanjutan. Namun kompensasi yang akan diberikan masih dalam pembahasan apakah disetujui atau tidak. Karena kompensasi yang akan diberikan yaitu memberikan potongan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Selain pemotongan pembayaran PBB, pemerintah Kota Mataram juga akan memberikan sarana produksi (saprodi) bagi para petani seperti pupuk, bibit dan beberapa kebutuhan lainnya. Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan, kawasan yang masih banyak lahan persawahan yaitu di Kecamatan Sandubaya.(azm/ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply