BIL Kembali Normal, Penumpang Pesawat Sempat Menunggu 30 Jam

Penumpang menunggu jadwal pemberangkatan di Bandara Juanda Surabaya

Penumpang menunggu jadwal pemberangkatan di Bandara Juanda Surabaya

Mataram (Global FM Lombok)-Operasional Bandara Internasional Lombok (BIL) sudah kembali normal Kamis kemarin mulai pukul 14.30 Wita setelah ditutup akibat insiden tergelincirnya pesawat Garuda Indonesia rute Denpasar- Lombok Selasa (3/2) lalu. Akibat penutupan bandara ini, ratusan penumpang dari Jakarta atau Surabaya menuju Lombok terpaksa harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Sejumlah penumpang Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 364 rute Surabaya-Lombok misalnya harus menunggu sekitar 30 jam sebelum akhirnya diberangkatkan oleh pihak maskapai. Mestinya, pesawat itu terbang Rabu lalu pukul 12.20 WIB, namun molor hingga Kamis pukul 18.00 WIB. Selama menunggu kepastian terbang itu, informasi yang diterima para penumpang selalu simpang siur. Bahkan saat penumpang sudah menaiki pesawat pukul 16.00 WIB Kamis kemarin, mereka diminta keluar lagi karena jadwal penerbangan di BIL sangat padat setelah bandara itu dibuka.

Salah seorang penumpang Garuda Indonesia tujuan Lombok, Edy Gustan mengatakan dirinya terganggu dengan ketidakjelasan jadwal pemberangkatan pesawat. Dia memahami alasan pihak maskapai penerbangan yang menunda pemberangkatan, namun diharapkan agar maskapai memberikan pelayanan informasi kepada penumpang saat situasi darurat.

“Jadi awalnya memang kita mau berangkat kemarin jam 12 namun diundur sekitar pukul 4 sore, informasi yang kami terima itu. Namun dari informasi-informasi yang simpang siur ya sangat mengganggu sekali apalagi agenda banyak ya. Artinya harus ada tindakan cepat dari pihak terkait. “ kata Edy.

Memang sebagian penumpang Garuda Indonesia di Surabaya tujuan Lombok ditempatkan di sebuah hotel dekat dengan bandara saat penundaan keberangkatan. Namun, mereka mengeluhkan soal minimnya informasi terkaitpembukaan bandara Lombok untuk pesawat berbadan lebar.

Sebagaimana diketahui, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 7040 jenis pesawat ATR 72-600 Grute Denpasar-Lombok tergelincir sehingga keluar dari landasan pacu di BIL. Pesawat itu membawa 28 orang penumpang dewasa dan satu bayi. Dalam insiden tersebut, semua penumpang dinyatakan selamat.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply