Enam Ribuan Sekolah di NTB Kembali ke KTSP

sekolah ( ilustrasi: sumber Internet)

sekolah ( ilustrasi: sumber Internet)

Mataram (Global FM Lombok)- Dari total tujuh ribu lebih sekolah di NTB, sebanyak enam ribuan sekolah akan kembali menerapkan sistem pendidikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006. Sementara sebanyak 102 sekolah akan melanjutkan kurikulum 2013. Berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) no 160, sekolah yang telah menjalankan kurikulum 2013 selama tiga semester akan lanjut menggunakan kurikulum 2013.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) NTB, H. Imhal kepada Global FM Lombok, Senin (26/01) di Mataram. Adapun sekolah yang akan melanjutkan kurikulum 2013 itu, adalah sekolah yang telah memiliki berbagai kesiapan, diantaranya adalah buku paket yang lengkap, guru yang telah dilatih beserta kelengkapan sarana prasarananya.

“jadi yang sudah tiga semester dari SD, SMP, SMA dan SMK sebanyak 102 sekolah, itu dibawah Dikpora saja. Sesuai dengan Mendikbud nomor 160 tahun 2014 bahwa sekolah-sekolah yang telah melaksanakan kurikulum 2013 selama tiga semester akan lanjut menggunakan kurikulum 2013. Sedangkan bagi sekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 selama satu semester akan kembali menggunakan kurikulum 2016 atau KTSP”, terangnya Senin (26/01).

Sementara itu, terkait dengan evaluasi atau ujian akhir siswa dengan dualisme kurikulum itu, Imhal menjelaskan, pemerintah pusat akan menerapkan dua sistem evaluasi. Yakni evaluasi dengan KTSP bagi sekolah yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013 bagi sekolah yang melanjutkan kurikulum 2013. Ia mengatakan, pemerintah telah mendata sekolah tersebut sehingga tidak akan mengalami kesulitan. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply