Kurangi Angka Pengaggurann, Disosnakertrans Kota Mataram Akan Gelar Job Fair

isosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik

Kadisosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik

Mataram (Global FM Lombok)-Jumlah pengangguran di Kota Mataram sebanyak 8.935 orang. Dari jumlah itu didominasi oleh pengangguran terdidik yaitu tamatan SMA sederajat, diploma dan sarjana. Sehingga untuk mengurangi jumlah pengangguran, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram akan mengadakan job fair atau bursa kerja. Diharapkan dari kegiatan bursa kerja ini bisa mengurangi 30 persen pengagguran.

Demikian disampaikan Kepala Disosnakertrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik kepada Global FM Lombok Kamis (1/22) di ruang kerjanya. Ia mengatakan, kegiatan bursa kerja ini membutuhkan persiapan yang maksimal seperti komunikasi intensif dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan baru.

Beberapa kasus yang pernah terjadi di ajang bursa kerja harus dievaluasi. Misalnya perusahaan yang ikut membuka lowongan pekerjaan pada kegiatan bursa kerja ternyata tidak memanggil para pelamar. Sehingga diharapkan agar kasus ini tidak terulang pada bursa kerja yang akan dilaksanakan.

“2015, kita belum tentukan bulannya yang pasti tahun 2015 kita akan adakan job fair atau bursa kerja. Sebagai salah satu wadah untuk para pencari kerja di Kota Mataram bisa mendaftarkan diri. Tetapi persiapannya juga harus matang, dimana perusahaan-perusahaan yang nanti ikut pada bursa kerja itu, tidak hanya ikut pada bursa kerja tetapi setelah bursa kerjanya selesai lamaran orang jadi tidak jelas gitu kan. Kan ini ada kejadian seperti itu,”katanya

Direncanakan kegiatan bursa kerja ini dalam rangkaian HUT Kota Mataram pada bulan Agustus mendatang. Disosnakertrans tidak membatasi perusahaan yang akan ikut berpartisipasi pada kegaiatan bursa kerja tersebut.

Diterangkan Khalik, banyaknya pengangguran di Kota Mataram terjadi karena kompetensi yang dimiliki tidak sesuai dengan kualifikasi yang dicari. Selain itu, banyak masyarakat yang hanya menginginkan bekerja di sektor pemerintahan. Untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, Disosnakertrans mendorong perusahaan swasta untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan.

Gelar Pelatihan Satpam

Disosnakertrans Kota Mataram juga berencana akan mengadakan pelatihan untuk 100 orang tenaga security atau satpam. Pelatihan dilakukan karena ada banyak peluang penempatan satpam di beberapa perusahaan yang sedang berinvestasi di kota Mataram.

H. Ahsanul Khalik  mengatakan, pelatihan satpam ini merupakan kebijakan langsung dari Walikota Mataram H. Ahyar Abduh. Dari pelatihan ini, para peserta akan diberikan sertifikasi satpam yang bisa digunakan.

Selain penempatan di perusahaan, Disosnakertrans juga berencana akan menempatkan satpam di setiap sekolah di Kota Mataram. Pelatihan satpam tersebut bersifat gratis karena akan ditanggung oleh pemerintah Kota Mataram.

“Kita rencanakan ada pelatihan khusus satpam untuk 100 orang. Sehingga dia memiliki sertifikasi satpam. Nanti bisa saja ditempatkan disekolah-sekolah di Kota Mataram tapi dia sudah memiliki sertifikasi satpam. Gratis semua akan dibiayai oleh pemerintah Kota Mataram dan syaratnya harus memiliki KTP Kota Mataram,”terang Ahsanul

Adapun syarat untuk bisa mengikut pelatihan satpam yaitu memiliki KTP Kota Mataram, karena pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat Kota Mataram. Untuk menyeleksi masyarakat yang akan mengikuti pelatihan satpam, Disosnakertrans Kota Mataram meminta keterlibatan lurah dan pekerja sosial (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply