MTQ Nasional ke 26 di NTB Akan Digelar Agustus 2016

 Islamic Center NTB dari atas Minaret

Islamic Center NTB dari atas Minaret

Mataram (Global FM Lombok)-Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) nasional ke 26 di NTB dipastikan akan digelar pada Agustus 2016 mendatang. Itu didasarkan atas SK Kementerian Agama No 189 tahun  2014 tentang penetapan NTB sebagai tuan ruman lomba MTQ nasional ke 26.  Meski kepastian tanggal pelaksanaan belum ditetapkan,  namun pemerintah provinsi NTB sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk menyongsong kedatangan MTQ nasional tersebut.

Hal itu disampaikan kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda NTB, Suhaimi kepada Global FM Lombok, Rabu (14/01) di kantor gubernur NTB. Ia mengatakan, selain di kawasan Islamic Center (IC) sebagai pusat lokasi MTQ,  pekan ini pihaknya juga akan mulai meninjau dan menyeleksi sejumlah pondok pesantren dan perguruan tinggi yang akan dijadikan sebagai lokasi lomba para peserta MTQ.  Pondok pesantrean tersebut adalah Nurul Hakim Kediri Lombok Barat, Al- Aziziah dan Nurul Islam Kota Mataram.

“Ini penentuan pelaksanaannya pada bulan Agustus, di SK sudah jelas itu Agustus pelaksanaan MTQ nasional cuman tinggal penentuan tanggal saja jadi bulan dan tahun sudah. Itu SK Kemenag no 189 2014  tentang penetapan NTB sebagai tuan rumah MTQ 2016.  Ponpes Nurul Hakim, Al aziziah, Nurul Islam, Arrusiah Sekarbele.  Akan dipilih, itu ditentukan oleh kemenag itu akan mulai ditinjau besok mana yang lebih refresentatif”, katanya.

Sementara itu, terkait dengan persiapan para peserta lomba MTQ dari NTB, persiapan yang dilakukan NTB yaitu dengan menggelar lomba MTQ tingkat provinsi lebih awal dari biasanya. Lomba MTQ tingkat provinsi tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2015 dengan Kota Bima sebagai tuan rumah. Selanjutnya, akan dilakukan pembinaan terhadap pemenang lomba MTQ tingkat provinsi tersebut secara terus menerus hingga pelaksanaan MTQ nasional pada Agustus 2016 mendatang. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply