Kurang Manusiawi, Lapas Mataram Kelebihan Kapasitas Hampir 300 Persen

Kakanwilkumham NTB

Kakanwilkumham NTB

Mataram (Global FM Lombok)-Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram sudah sangat penuh. Kapasitas penghuni Lapas Mataram idealnya sebanyak 175 orang, namun jumlah penghuninya sudah mencapai 538 orang. Sehingga menempatkan tanahan atau napi di Lapas Mataram dengan kapasitas yang sudah sangat penuh dinilai kurang manusiawi.

Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTB Agusta K Embly kepada Global FM Lombok Rabu (14/1) mengatakan, pemerintah akan membangun Lapas baru yang berlokasi di daerah Kuripan, Lombok Barat. Dengan luas areal sekitar 6,7 hektar, penghuni ideal Lapas itu diperkirakan antara 600 sampai 700 orang.

“Dengan dibangunnya Lapas Mataram, masalah over kapasitas ini bisa terselesaikan. Ya kita rencanakan untuk 600 sampai 700 orang. Sekarang kan bisa dilihat hampir 300 persen over kapasitas di Lapas Mataram ini. Itu kurang manusiawilah ya, apalagi letaknya di tengah kota” kata Embly.

Agusta Embly mengatakan, pihaknya berharap bulan April mendatang akan ada kejelasan anggaran dari APBN untuk membangun Lapas Mataram yang baru. Jika Lapas Mataram sudah terbangun, Lapas yang lama akan dijadikan rumah tanahan (rutan) bagi orang yang sedang menjalani proses hukum.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply