Bawaslu NTB Masih Seleksi Calon Anggota Panwas Kabupaten Kota

suasana Fit Proper test

suasana Fit Proper test

Mataram (Global FM Lombok)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB masih melakukan seleksi terhadap puluhan calon anggota panwaslu tingkat kabupaten kota. Proses seleksi yang dilakukan Bawaslu melalui uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggl 5 -7 Januari ini. Jumlah peserta yang mengikuti fit and proper test sebanyak 36 orang yang berasal dari enam kabupaten kota.

Ketua Bawaslu NTB M Khuwailid mengatakan, ada lima macam penilaian dalam proses fit and proper test ini yang meliputi penguasaan materi, integritas, kepemimpinan, komunikasi serta aspek pengetahun lokal. Setiap daerah memiliki katekteristik lokal dalam pelaksanaan pilkada, sehingga setiap anggota panwaslu harus memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan dalam satu daerah.

“Namun yang paling penting kemudian adalah dari sisi integritas. Integritas ini banyak hal yang perlu harus kami kaji  dan kami uji karena banyak juga mantan-mantan panwascam, panwaslu kabupaten kota yang ikut mendaftar. Banyak hal yang harus kami review kembali terhadap perjalanan” kata Khuwailid.

Khuwailid mengatakan, ketiga anggota Bawaslu NTB memiliki catatan dan penilaian sendiri-sendiri, sehingga calon panwaslu kabupaten kota yang akan dipilih nantinya berdasarkan hasil rapat pleno yang akan dilakukan setelah kegiatan fit and proper test selesai. Menurutnya, lolos atau tidaknya seseorang menjadi anggota panwaslu tergantung dari hasil penilaian kualitatif maupun kuantitatifnya.

Sebelum diseleksi oleh Bawaslu NTB, calon anggota panwaslu kabupaten kota diseleksi oleh tim seleksi yang berasal dari sejumlah pihak. Awal Januari 2015, tim seleksi menyodorkan sebanyak enam nama calon anggota panwaslu untuk setiap kabupaten kota kepada Bawaslu NTB. Sehingga total calon yang diserahkan sebanyak 36 orang. Nantinya dari enam orang calon itu akan dipilih tiga orang berdasarkan hasil fit and proper test. (ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply