judul gambar

Pilkada 6 Kabupaten Kota di NTB, Panwaslu Mulai Direkrut

Anggota Bawaslu NTB Syamsudin

Anggota Bawaslu NTB Syamsudin

judul gambar

Mataram (Global FM Lombok)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB segera merekrut anggota panitia pengawas pemilu atau panwaslu tingkat kabupaten kota untuk mengawal pelaksanaan Pilkada di enam kabupaten kota di NTB bulan September tahun 2015. Anggota panwaslu kabupaten kota segera direkrut berdasarkan surat edaran dari Bawaslu RI.

Anggota Bawaslu NTB Syamsudin kepada Global FM Lombok Rabu (3/12) mengatakan, dalam Perppu No 1/2014 tentang Pilkada, anggota panwaslu harus terbentuk satu bulan sebelum dimulainya tahapan pilkada. Tahapan pilkada sendiri akan dimulai Januari tahun depan yaitu dengan agenda pendaftaran bakal calon kepala daerah. Sehingga perekrutan anggota panwaslu kabupaten kota terlambat lantaran regulasi yang masih tarik ulur.

“Secara time schedule-nya Bawaslu Provinsi, direncanakan minggu pertama bulan Januari 2014 khususnya pengawas pemilu tingkat kabupaten kota diupayakan sudah terbentuk. Dan saat ini kami sudah memfinalkan tim seleksinya sendiri. Ada beberapa nama yang kami ajukan, hari ini akan didiskusikan siapa nanti yang akan ditetepkan sebagai tim seleksi” kata Syamsudin.

Menurut Syamsudin tim seleksi yang akan menyeleksi calon anggota panwaslu kabupaten kota terdiri dari lima orang. Mereka merupakan perwakilan dari akademisi, kalangan professional dan masyarakat. Dia menjamin tim seleksi yang ditunjuk oleh Bawaslu NTB bebas dari kepentingan apapun.” Makanya tim seleksi harus betul-betul diseleksi, mereka harus netral, jadi tidak ada kepentinan A,B,C,D. Nah disinilah fungsinya merekrut timsel itu” katanya.

Adapun enam kabupaten kota yang akan menggelar pilkada serentak di NTB tahun depan yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Barat.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply