Selama 2014, Temuan Kasus HIV/Aids di Kota Mataram Sebanyak 15 Kasus

HIV Aids

HIV Aids

Mataram (Global FM Lombok)-Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Mataram, jumlah kasus HIV/Aids dari tahun 2001 sampai dengan 2014 mencapai ratusan kasus. Dengan rincian yaitu sebanyak 145 kasus HIV, 137 kasus Aids dan dengan kematian sebanyak 94 kasus. Peningkatan kasus HIV/Aids di Kota Mataram tidak terlalu signifikan setiap tahunnya.

Demikian disampaikan Sekretaris KPA Kota Mataram Margaretha Cephas kepada Global FM Lombok usai pembukaan peringatan hari Aids sedunia Senin (01/12) di Kantor walikota Mataram. Ia mengatakan, pada tahun 2014 ini kasus HIV/Aids di Kota Mataram menurun jika dibandingkan dengan tahun 2013 lalu. Disebutkan, jumlah kasus HIV pada tahun 2014 yaitu sebanyak 7 kasus dan untuk Aids sebanyak 8 kasus. Sementara pada tahun 2013 untuk HIV sebanyak 15 kasus dan Aids sebanyak 17 Kasus.

“Untuk yang satu tahun ini tahun 2014 dari bulan Januari sampai bulan September baru kita ketemukan untuk kasus HIV baru 7, kasus Aids 8. Harapan dari babak walikota Mataram dari tahun ke tahun itu sudah phenomena gunung esnya sudah mencair. Harapanya laju petumbuhan grafiknya mulai menurun. Kalau sudah mulai menurun itu sudah harapan kita tidak berhenti disitu tetapi diakar rumput,”katanya

Diharapkan kasus HIV/Aids di Kota Mataram tetap mengalami penurunan setiap tahun. Selain itu, KPA juga akan memberikan pemahaman kepada kelurahan tentang kasus HIV/Aids agar tidak terjadi diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV/Aids atau ODHA.

Selain itu, untuk kasus HIV pada bayi yang baru lahir di Kota Mataram ditemukan sebanyak 2 kasus dan sebanyak 12 kasus untuk Aids. Sementara kasus HIV/Aids juga terjadi pada ibu rumah tangga. Pada tahun 2014 ini KPA akan melatih 200 kader dari semua kelurahan yang ada di Kota Mataram. Nantinya para kader-kader tersebut akan melatih para ibu hamil (azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply