Kota Mataram masih Kekurangan 283 Tenaga Guru

guru sekolah ( ilustrasi: sumber Internet)

guru sekolah ( ilustrasi: sumber Internet)

Mataram (Global FM Lombok)-Kota Mataram masih kekurangan tenaga guru untuk semua jenjang pendidikan. Kondisi ini mengkhawatirkan, terlebih dengan rencana moratorium PNS yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Saat ini jumlah guru di Kota Mataram sebanyak 3.588 orang guru PNS, sementara guru non PNS sebanyak 3.708.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dikopra Kota Mataram H. Ruslan Effendi kepada Global FM Lombok Kamis (27/11) usia acara  PGRI Kota Mataram. Ia mengatakan, pada bulan Januari tahun 2015 dan 2016 mendatang banyak guru di Kota Mataram yang akan pensiun. Sehingga dengan kondisi ini maka jumlah sekolah yang kekurangan guru akan bertambah. Kekurangan guru akan tetap terjadi sepanjang tahun jika pemerintah pusat tidak melakukan pengangkatan guru.

Sekarang di Kota Mataram ini jumlah guru PNS SDN, SMP, SMA sampai SMK itu 3.588 dan non PNS 3708. Lebih banyak yang non PNS daripada guru yang PNS. Untuk SD 146 SD kita kekurangan 283 guru bulan ini, januari nanti pensiun banyak, januari 2016 pensiun lebih banyak lagi. Pada tahun 2016 akan kekurangan guru banyak sekali kalau tidak ada pengangkatan guru baru,”katanya

Diklaim hampir semua sekolah di Kota Mataram belum memiliki guru olahraga. Selain itu, untuk mata pelajaran Matematika dan kesenian juga masih kekurangan. Disebutkan untuk guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Biologi sudah mencukupi.

Tidak hanya kota Mataram, beberapa daerah di Indonesia juga masih kekurangan guru, sehingga diharapkan pengangkatan untuk tenaga guru harus tetap dilakukan. “Karena pemerintah daerah tidak bisa membayangkan banyak sekolah yang masih kekurangan guru. Karena untuk provinsi NTB saat ini masih kekurangan puluhan ribu guru.” katanya(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply