Cegah Demam Berdarah, Dikes Kota Mataram Bagikan Abate

demam berdarah ( ilustrasi)

demam berdarah ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Kesehatan Kota Mataram sudah membagikan bubuk abate kepada semua kecamatan untuk mengantisipasi penyakit yang berpotensi datang pada musim hujan ini. Namun jika ada rumah tangga yang belum mendapatkan abate diharapakan untuk datang ke puskesmas. Pemberian abate tersebut untuk mencegah kasus Deman Berdarah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. Usman Hadi kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, sebelum pemberian abate kepada rumah tangga, Dikes Kota Mataram melakukan Pemantauan Jentik Berkala (PJB). Sampai saat ini Dikes Kota Mataram belum menemukan kasus deman berdarah dan diharapkan tidak akan pernah terjadi.

“Sebelum abatisasi kita lakukan pemantauan jentik berkala (PJB), setelah itu kita berikan abate, karena ini sudah musim hujan, jadi nanti pada bulan Januari sampai Maret, abate ini bisa menekan kasus demam berbadarh dengan priventif. Kita galakkan lagi 3 M lalu fogging, nanti fooging yang terakhir.”,”kata Usman hadi Kamis (27/11)

Diterangkanya, penyakit yang sering menyerang pada musim hujan ini yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare. Menurutnya, yang penting untuk dilakukan pada musim hujan ini yaitu PJB, abatesasi dan melakukan 3M yaitu mengubur, menutup dan menguras. Diakuinya, penyakit DBD rentan terjadi pada musim hujan ini. Abate yang disiapkan dinas Kesehatan yaitu ribuan kilo gram yang akan disebar melalui kader-kader posyandu yang ada di masing-masing lingkungan.(ris/azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply