KPU NTB Tebar “ Award” Untuk KPU Kabupaten Kota

KPU Award di Lombok Raya, Selasa (25/11)

KPU Award di Lombok Raya, Selasa (25/11)

Mataram (Global FM Lombok)-KPU NTB Selasa (25/11) menebar penghargaan atau “award” untuk sejumlah KPU kabupaten kota di NTB. Ada enam kreteria yang menjadi bahan penilaian dalam penghargaan ini, namun ada empat jenis kreteria yang diajukan oleh KPU daerah. Pemberian penghargaan ini untuk mengapresiasi kinerja KPU kabupaten kota dalam menjalankan pemilu legislative dan pilpres kemarin.

Hal itu disampaikan ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori kepada Global FM Lombok usai kegiatan tersebut Selasa (25/11). Aksar Ansori berharap, semua kreteria yang menjadi dasar penilaian penghargaan KPU ini menjadi standar kinerja KPU kedepan. Adapun empat kreteria yang menjadi bahan penilaian yaitu penyelenggara pemilu berkualitas, kreasi sosialisasi dan partisipasi, dafar pemilih berkualitas dan transparansi informasi pemilu.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada semua penyelenggara dibawah. Dan yang kedua adalah, ini sebenarnya respon kami terkait dengan isu-isu tentang good governance dimana kategori-kategori yang kita angkat merupakan isu-isu actual terkait dengan penyelenggara negara yang bersih, berintegritas yang memiliki keterbukaan informasi” kata Aksar.

Dari sepuluh KPU kabupaten kota di NTB yang ikut dalam kompetisi ini, hanya empat KPU yang meraih pernghargaan untuk masing-masing kategori. Empat KPU yang diberikan penghargaan itu adalah KPU Kabupaten Lombok Utara dalam bidang penyelenggaraan pemilu berintegritas. Selanjutnya untuk kategori daftar pemilih berkualitas diraih oleh KPU Kabupaten Lombok Tengah.

Selanjutnya kategori kreasi sosialisasi dan partisipasi berhasil disabet oleh KPU Kabupaten Lombok Timur serta kategori transparansi informasi pemilu berhasil dimenangkan oleh KPU Kabupaten Sumbawa.

Adapun tim penilai terdiri dari akademisi dan anggota KPU NTB. Tim akademisi yang terlibat adalah Dr Lalu Saipudien dari Unram dan Dr Kadri dari IAIN serta Agus dari unsure KPU.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply