Kota Mataram Setuju Himbauan Kemen PAN RB Soal Rapat Dinas Diluar Hotel

Wakil walikota Mataram Mohan Roliskana

Wakil walikota Mataram Mohan Roliskana

Mataram (Global FM Lombok)-Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menyambut baik himbauan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN) terkait larangan PNS untuk menyelenggarakan kegiatan dinas di hotel. Pasalnya kebijakan ini juga dinilai bisa menghemat anggaran negara yang digunakan untuk kegiatan tersebut.

Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana kepada Global FM Lombok Rabu (12/11) di Mataram mengatakan, selama ini kegiatan dinas yang dilakukan di hotel cukup menguras anggaran daerah, sehingga pemerintah Kota Mataram setuju dengan kebijakan tersebut.

“ Bagus saya sepakat soal itu, saya kira itu kebijakan yang populis juga. Kalau dalam rangka penghematan, efisiensi dan itu barangkali selama ini dinilai cukup menggerogoti anggaran belanja negara atau anggaran daerah, saya kira kita sepakat soal itu. Kalau ada tempat-tempat yang kita punya, kenapa harus dihotel” kata Mohan.

Mohan mengakui, jika kebijakan tersebut diterapkan akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan di perhotelan, mengingat selama ini banyak kegiatan dinas yang diselenggarakan di hotel baik untuk rapat, seminar dan beberapa kegiatan dinas lainnya. Namun kerugian hotel dinilai tidak terlalu signifikan karena bukan hanya pemerintah saja yang mengadakan kegiatan di hotel. Menurutnya, pemerintah daerah berada dibawah koordinasi pemerintah pusat sehingga kebijakan itu harus dijalankan.

Menurutnya, menurunnya tingkat kunjungan hotel dari kegiatan pemerintahan tidak akan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pajak perhotelan. Pasalnya perhotelan sudah mempunyai ketentuan khusus untuk membayar pajak hotel tersebut.(ris/azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply