Antisipasi Bencana, Disosnakertrans Siapkan Personil Tagana

Ahsanul Khalik

Ahsanul Khalik

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram mengumpulkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebanyak 52 orang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi pada musim hujan ini. Diprediksi peralihan musim kemarau yang panjang akan diimbangi dengan hujan lebat dan air laut pasang.

Demikian disampaikan kepala Disosnaketrans Kota Mataram H. Ahsanul Khalik kepada Global FM Lombok Rabu (12/11) di ruang kerjanya. Ia mengatakan, tugas Tagana pada saat terjadi bencana yaitu melakukan rehabilitasi sosial. Sementara tugas Disosnakertrans yaitu melakukan perlindungan sosial dan rehabilitasi sosial. Pihaknya sudah menyiapkan bantuan berupa sembako dan beberapa kebutuhan lainnya.

“ Persiapan menghadapi peralihan musim kemarau ke musim hujan ini. Karena prediksi kita musim kemarau yang panjang ini biasanya akan dibarengi dengan hujan lebat disertai angin bahkan kebiasaan kita di kota Mataram air laut pasang. Hari ini saya akan mengumpulkan tagana untuk melakukan antisipasi terhadap segala kemungkinan yang bsia saja terjadi terutama rehabilitasi sosial pada sata kejadian bencana.” Kata Ahsanul Khalik.

Disosnakertrans Kota Mataram sudah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait bencana yang terjadi seperti angin kencang dan hujan lebat yang terjadi beberapa hari yang lalu di wilayah Kota Mataram. Bencana itu mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Namun masalah ini sudah ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Sehingga Dinas Sosial tidak memberikan bantuan, karena pemerintah tidak bisa memberikan dua kali bantuan pada korban yang sama.

Selain laporan rumah yang terkena pohon tumbang, Disosnakertrans juga mendapatkan laporan terkait kawasan yang tergenang. Namun genangan tersebut dinilai tidak mengganggu aktifitas masyarakat.(ris/azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply