BMKG: November Ini, Hujan Mulai Turun

peta NTBMataram (Global FM Lombok)- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kediri Lombok Barat (Lobar) memperkirakan musim hujan di NTB akan mulai pada bulan November ini. Saat ini gejala datangnya musim hujan telah mulai terlihat dengan turunnya air hujan di beberapa Kabupaten Kota di NTB. Namun hujan tersebut tidak turun secara merata. Itu sebagai masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Hal itu dikatakan Kepala Stasiun BMKG Kediri Lobar, Wakodim kepada Global FM Lombok. Ia mengatakan, turunnya hujan yang tidak merata adalah hal yang normal dalam masa transisi musim kemarau ke musim hujan.

Menurut perkiraan BMKG, musim penghujan nantinya akan diawali dengan turunnya hujan di Kota Mataram dan Kabupaten Lobar pada sepuluh hari pertama bulan November. Selanjutnya hujan akan turun di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur dan terakhir Kabupaten Sumbawa yang diperkirakan akan turun hujan pada bulan Desember mendatang.

“Itu normalnya begitu memang tiap akan masuk awal musim penghujan itu masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan itu diawali dengan hujan-hujan lokal. Akan turun nanti diperkirakan awal November untuk Mataram dan Lombok Barat, awal-awal nanti. ”, katanya.

Dilanjutkan, dengan masuknya musim hujan secara otomatis musim kemarau atau kekeringan di wilayah NTB akan terhenti. Masyarakat bisa mulai menanam padi berdasarkan kapan turunnya hujan di masing-masing daerahnya. (ris/irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply