Penyakit Hepatitis B, Sering Dijumpai Pada Darah Pendonor

kantong darah ( ilustrasi)

kantong darah ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Penyakit hepatitis B merupakan penyakit rangking pertama yang paling sering dijumpai pada pemeriksaan darah yang didonor. Dibandingkan dengan tiga penyakit lainnya yakni penyakit kelamin, HIV 1 dan 2 serta hepatitis C yang selalu diperiksa, hepatitis B paling sering dijumpai pada pendonor di NTB. Dalam sebulan, penyakit hepatitis bisa mencapai 10 sampai 20 kantong. Sementara penyakit lainnya jarang ditemui.

Hal itu dikatakan salah seorang petugas PMI Lobar, Wayan Mustika kepada Global FM Lombok Kamis  (30/10) di sela-sela kegiatan donor darah di Mataram. Dikatakan, Hepatitis merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem. Setelah donor darah selesai, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap empat penyakit tersebut. Ketika ditemukan penyakit dalam darah, kantong tersebut akan dimusnahkan.

“Kita di NTB ini banyak hepatitis cuman angkanya relatif setiap bulan berubah-ubah. Dalam sebulan mencapai 10 sampai 20 kantong. Hepatitis itu yang paling besar kalau yang lain itu kadang ada kadang tidak. Hepatitis B yang paling banyak, dia menempatin rangking gitu pertama untuk hepatitis itu paling banyak kita untuk daerah NTB disini terkenal dengan endemis untuk hepatitis. Tapi kita yang paling banyak hepatitis B”,katanya.

Dilanjutkan, pihaknya melakukan pemeriksan dengan standar pemeriksaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dinilai cukup canggih sehingga darah yang didistribusikan tersebut relatif aman. Selain itu, sebelum darah di tranfusikan kepada pasien, terlebih dahulu dilakukan proses penyilangan antara darah donor dengan darah pasien untuk mencocokkan keduanya. (ris/irs)-

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply