Program Teman Sebaya, Upaya Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba ( ilustrasi)

Narkoba ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram sudah melaksanakan program teman sebaya untuk mencegah kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Namun hingga saat ini belum dilakukan evaluasi terhadap program tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H. Ruslan Effendi kepada Global FM Lombok Selasa (28/10) di kantor walikota Mataram. Ia mengakui, belum mengetahui secara pasti dampak yang dihasilkan dari program yang sudah dijalan sejak beberapa tahun terakhir. Ia meyakini, program yang sudah dijalankan setidaknya mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku siswa salah satunya yaitu jumlah kasus penyalahguna narkoba pada tingkat pelajar yang masih rendah.

Ruslan membantah, upaya pencegahan yang dilakukan selama ini belum efektif karena adanya temuan pelajar yang terlibat kasus narkoba. Namun, program teman sebaya bertujuan untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba ditingkat pelajar. Program teman sebaya yang dicanangkan masih dijalankan sampai saat ini, dan Dikpora Kota Mataram belum melakukan penelitian terkait keefektifan program tersebut.

Dua Pelajar Kota Mataram Tersangkut Kasus Narkoba

Dikpora Kota Mataram belum mendapatkan laporan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram, terkait jumlah pelajar yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Namun data yang dimiliki Dinas Dikpora Kota Mataram, pelajar yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba hanya dua orang.

Ruslan mengatakan, sebelum ada temuan pelajar mengkonsumsi obat-obatan terlarang, Dikpora Kota Mataram sudah melakukan antisipasi. Kegiatan antisipasi yang dilakukan salah satunya dengan mengundang pihak kepolisian dalam memberikan ceramah pada kegiatan imtak tentang bahaya narkoba.

Lebih lanjut ia mengatakan, para siswa Kota Mataram sudah mengucapkan ikrar atau janji untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik seperti tidak tawuran, tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan beberapa ikrar lainnya.

Dengan adanya temuan tersebut, Dikpora Kota Mataram akan meningkatkan pengawasan kepada para siswa. Sementara untuk siswa yang sudah terlibat kasus penyalahgunaan narkoba akan diberikan pembinaan dan akan direhabilitasi.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply